Hindari Beberapa Makanan Ini Jelang Operasi Amandel

Hindari Beberapa Makanan Ini Jelang Operasi Amandel

Amandel-mitrakeluarga-

JEKTVNEWS.COM - Amandel adalah dua kelenjar kecil berbentuk oval yang ada di bagian belakang tenggorokan. Prosedur operasi untuk Amandel biasanya akan dokter rekomendasikan bila kamu mengalami infeksi dan radang Amandel (tonsilitis) yang sering kambuh. 

Dilansir dari laman halodoc, Sebelum menjalani operasi ini, biasanya ada sejumlah persiapan yang perlu dilakukan. Salah satunya menghindari beberapa jenis makanan yang bisa memperburuk kondisi organ tersebut. 

BACA JUGA:Menarik! Minum Air Putih 2 Liter Bisa Memberikan Efek Kesehatan Bagi Tubuh

Ada beberapa jenis makanan yang bisa memperparah kondisi radang pada amandel, sehingga perlu dihindari sebelum menjalani operasi pengangkatan kelenjar tersebut yatitu :

1. Tomat dan Saus

Tomat sangat kaya akan asam oksalat. Jika kamu konsumsi dalam jumlah banyak, asam yang ada pada sayuran tersebut bisa mengiritasi lapisan tenggorokan dan menyebabkan radang amandel menjadi lebih parah. Kamu juga harus menghindari berbagai jenis saus karena memiliki semua bumbu yang bisa menyebabkan gatal dan ketidaknyamanan di tenggorokan.

2. Acar

Makanan ini juga perlu kamu hindari sebelum operasi karena mengandung banyak cuka dan garam yang bisa menyebabkan kelenjar tersebut menjadi lebih meradang. Selain itu, acar juga bisa memicu terjadinya refluks asam lambung yang bisa mengiritasi tenggorokan.

3. Buah dan Jus Asam

Sama seperti tomat, buah seperti jeruk, nanas, dan mangga juga memiliki kadar asam yang cukup tinggi dan mereka secara alami memang bersifat asam. Buah-buahan tersebut mampu mengiritasi tenggorokan kamu yang sudah teriritasi.

Oleh karena itu, hindarilah mengonsumsi buah-buahan masam tersebut sebelum operasi . Sebaliknya, kamu bisa mengonsumsi buah-buahan seperti pisang, persik, dan melon.

4. Makanan Keras dan Renyah

Makanan seperti keripik, sayuran mentah, dan kacang-kacangan juga harus kamu hindari karena bisa membuat amandel kamu lebih mudah teriritasi dan bisa mengeringkan area tersebut.

Selain itu, kamu mungkin juga akan merasa tidak nyaman ketika menelan makanan yang keras dan renyah. Jadi, kukuslah sayuran hingga empuk dan pilihlah makanan yang lembut yang lebih ramah di tenggorokan.

Sumber: