4 Manfaat Daun Jarak yang Banyak Orang Belum Ketahui

4 Manfaat Daun Jarak yang Banyak Orang Belum Ketahui

Ilustrasi Tanaman Daun Jarak-Genpi-

JEKTVNEWS.COM - Tanaman jarak (Ricinus communis L.) atau eranda merupakan tanaman perdu yang sering digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Selain bijinya yang terkenal berkhasiat saat diolah jadi minyak, daun jarak juga punya banyak manfaat bagi kesehatan. 

Daun jarak bisa dimanfaatkan dengan cara direbus dan diminum, atau ditumbuk hingga menjadi pasta dan dioleskan ke tubuh.

BACA JUGA:Akhirnya Resmi Coldplay Konser di Indonesia November Mendatang

Manfaat Daun Jarak bagi Tubuh

Tanaman jarak memiliki antioksidan, antiinflamasi, antimikroba, pelindung hati dan berbagai khasiat obat lainnya. Berikut ini beberapa manfaat daun jarak untuk kesehatan:

1. Mampu Melawan Bakteri

Daun jarak memiliki sifat antimikroba, sehingga sering dimanfaatkan untuk melawan infeksi bakteri. Teruma bakteri seperti E. coli, S. aureus, K. pneumonia, dan bakteri jenis Strep.

BACA JUGA:SimInvest Adakan Fanmeeting Bersama V BTS ,Army Indonesia Menjadi Sorotan Publik

2. Obat Herbal untuk Penyakit Kuning

Penyakit kuning adalah menguningnya kulit dan mata dan terjadi karena adanya terlalu banyak bilirubin dalam tubuh manusia. Bilirubin adalah pigmen kuning yang terbentuk karena pemecahan sel darah merah yang mati di hati. 

Penyakit ini merupakan indikasi tidak berfungsinya hati, kantong empedu, atau pankreas. Salah satu obat herbal yang dipercaya bisa membantu mengatasi penyakit ini adalah daun jarak.

BACA JUGA:Anggota DPRD Kota Jambi Dapil III Kemas Faried Alfarelly Meninjau Jalan Rusak yang Dikeluhkan Masyarakat

Cara menggunakannya adalah menumbuk daun menjadi pasta yang halus, lalu dicampur air kelapa. Racikan ini dapat diberikan secara oral kepada pasien yang mengalami penyakit kuning.

3. Meredakan Pembengkakan

Sumber: