4 Problematika Pendidikan di Indonesia

4 Problematika Pendidikan di Indonesia

Ilustrasi Pendidikan-Kemendikbudristek-

JEKTVNEWS.COMPendidikan adalah suatu usaha bentuk dalam menyiapkan peserta didik melalui proses pembelajaran, bimbingan, dan latihan bagi peranannya di masa selanjutnya.

Menurut kamus Bahasa Indonesia kata pendidikan berasal dari kata didik yang memiliki arti proses atau perbuatan mendidik.

Menurut bapak Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara menjelaskan tentang pengertian pendidikan yaitu tuntutan  didalam hidup tumbuhnya anak-anak, maksudnya yaitu supaya mereka dapat mempersiapkan diri sebagai manusia dalam menggapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya.

Perkembangan zaman yang terus berubah dengan signifikan sehingga banyak mengubah pola pendidikan yang lebih modern. Adanya pendidikan bertujuan untuk menciptakan insan yang berkualitas dan berkarakter sehingga memiliki pandangan yang luas kedepan dalam mecapai cita-cita.

BACA JUGA:Cintai Sungaimu: Jaga dan Rawat Warisan Alam untuk Generasi Kita

Pendidikan di Indonesia saat ini sangatlah memprihatinkan dan menunjukkan kualitas yang rendah, disbanding dengan negara-negara lain Indonesia saat ini menduduki peringkat 66 dunia dalam kualitas pendidikan. Asumsinya hal ini terjadi dikarenakan pemerintah tidak serius dalam memperhatikan bidang pendidikan dan mengatasi persoalan polemic yang ada.

Sementara itu maju atau tidaknya suatu bangsa sangat dipengaruhi oleh pendidikan, karena pendidikan adalah modal dasar paling utama dalam mewujudkan peradaban.

Kita ambil contoh misalnya, negara singapura yang memiliki luas tempat tidak lebih besar dari ibu kota Jakarta. Dibandingkan dari segi luasnya tempat dan melimpahnya sumber daya alam tentu indonesia lebih unggul, akan tetapi dari segi mutu pendidikan sumber daya manusia negara singapura jauh lebih baik dari indonesia.

Singapura menyadari sumber daya manusia yang melimpah dapat membuat mereka bersanding dengan negara maju lainnya.

BACA JUGA:Tak Tanggung-Tanggung, Indonesia Turunkan Tim Siber di KTT ASEAN

Problematika pendidikan di indonesia cukup banyak diantaranya dari segi (1) rendahnya mutu pendidikan dan perguruan tinggi indonesia, (2) rendahnya layanan pendidikan di indonesia, (3) rendahnya minat baca dan literasi anak-anak indonesia serta (4) masalah kurikulum, kompetensi dan kualitas pendidikan diajaran tingkat atas maupun bawah.

Pendidikan harus mendapat perhatian lebih dan khusus bagi pemerintahan indonesia, karena dengan pendidikan akan terlihat maju mundurnya suatu bangsa. Tentunya bangsa indonesia harus menjadi negara yang maju dan mampu bersanding dengan negara-negara lain.

Sumber: