Makna Logo Peringatan Hardiknas 2023 dan Sosok Ki Hajar Dewantara

Makna Logo Peringatan Hardiknas 2023 dan Sosok Ki Hajar Dewantara

Hardiknas-Kemdikbud-

jektvnews - Pada tanggal 2 Mei 2023 ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional. Disetiap tahunnya Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) disebut juga sebagai hari kelahiran bapak pendidikan Indonesia,yakni Ki Hajar Dewantara..

Sosok Ki Hajar Dewantara sangat terkenal di dunia pendidikan di Indonesia sejak lama.

Ki Hajar Dewantara, juga pernah mendirikan Perguruan Taman Siswa, sebuah lembaga pendidikan pertama bagi rakyat pribumi kala itu untuk memperoleh pendidikan.

BACA JUGA:Usai Libur Lebaran, 5 Tips Memulihkan Semangat Kerja Pasca Liburan

Dikarenakan hal tersebut, Hardiknas merupakan peringatan nasional saban tahun di Indonesia sejak ditetapkan Presiden Sukarno melalui Surat Keputusan Presiden RI No. 305 tahun 1959 pada 28 November 1959 silam. Jadi, peringatan Hardiknas 2023 adalah perayaan ke-64.

Baik satuan pendidikan maupun kantor dinas pendidikan pusat dihimbau untuk menyelenggarakan upacara bendera. upacara Hari Pendidikan Nasional dilaksankan pada Selasa, 2 mei 2023 jam 08:00 waktu setempat.

Upacara bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023 diselenggarakan secara luring/tatap muka di kantor Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pusat dan satuan kerja di daerah. 

BACA JUGA:Siap-Siap, 23 Juta Pekerjaan Tergantikan Teknologi Tahun 2030

Para barisan upacara beserta tamu pejabat dan undangan memakai pakaian adat tradisional sesuai dengan norma kepantasan. Kemudian, pelaksanaan upacara bendera Hari Pendidikan Nasional 2023 juga wajib menerapkan protokol kesehatan

Mengenai Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 menurut Surat Nomor 12811/MPK.A/TU.02.03/2023  oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, tema Hari Pendidikan Nasional 2023 adalah "Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar".

Bulan Mei 2023 juga dicanangkan sebagai bulan Merdeka Belajar seiring dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023. Selain itu, berdasarkan pedoman yang dikeluarkan Kemendikbudristek, logo Hari Pendidikan Nasional 2023 dapat diunduh melalui laman resmi kementerian tersebut.

BACA JUGA: Pusat Perbelanjaan Malang Plaza Hangus Dilalap Si Jago Merah

Adapun logo peringatan tahun ini memiliki kesamaan dengan logo-logo di tahun sebelumnya. Perbedaannya hanya terdapat di penulisan tahun. Elemennya mencakup keceriaan, bintang, dan pena.

Masing-masing di antaranya mengandung filosofi tersendiri. Misalnya bintang berupa semangat, keceriaan melambangkan antusiasme, serta pena sebagai simbol pendidikan. (Annisa)

Sumber: