Kenali Ciri-ciri dan Resiko Kolesterol Tinggi dalam Tubuh

Kenali Ciri-ciri dan Resiko Kolesterol Tinggi dalam Tubuh

kolesterol-jurnalflores-

4. Kurang gerak Aktivitas fisik seperti latihan aerobik meningkatkan jumlah kolesterol. Jika memiliki pekerjaan yang banyak duduk di waktu luang, tubuh anda tidak akan menghasilkan cukup kolesterol baik.

5. Diet Beberapa makanan dapat menaikkan atau menurunkan kolesterol. Terkadang, penyedia layanan kesehatan akan merekomendasikan perubahan pola makan atau kunjungan ke ahli gizi untuk mendiskusikan diet anda.

Dikutip dari Mayoclinic, kadar kolesterol juga dapat diperparah oleh beberapa jenis obat yang mungkin anda konsumsi untuk masalah kesehatan lainnya, seperti: Jerawat, Kanker, Tekanan darah tinggi, HIV/AIDS, Irama jantung tidak teratur, dan Transplantasi organ.

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan akumulasi kolesterol berbahaya dan endapan lain di dinding arteri anda (aterosklerosis).

BACA JUGA:Dugaan Korupsi di PTPN VI Akhirnya Ditetapkan Polda Jambi, Mantan Petinggi di PTPN VI Jadi Tersangka

Penumpukan (plak) ini dapat mengurangi aliran darah melalui arteri Anda, yang dapat menyebabkan komplikasi, seperti:

1. Stroke Mirip dengan serangan jantung, stroke terjadi ketika gumpalan darah menghalangi aliran darah ke bagian otak Anda. 

2. Nyeri dada Jika arteri yang memasok darah ke jantung (arteri koroner) terpengaruh, Anda mungkin mengalami nyeri dada (angina) dan gejala penyakit arteri koroner lainnya.

BACA JUGA:Susul Putri dan Ricky Rizal, Banding Kuat Ma’ruf Turut Ditolak Hakim

3. Serangan jantung Jika plak robek atau pecah, bekuan darah dapat terbentuk di tempat pecahnya plak, sehingga dapat menghalangi aliran darah atau melepaskan diri dan menyumbat arteri ke hilir. Jika aliran darah ke bagian jantung Anda berhenti, Anda akan mengalami serangan jantung. (Annisa)

Sumber: