Kenali Ciri-ciri dan Resiko Kolesterol Tinggi dalam Tubuh

Kenali Ciri-ciri dan Resiko Kolesterol Tinggi dalam Tubuh

kolesterol-jurnalflores-

jektvnews.com - Kolesterol tinggi atau hiperlipidemia merupakan kondisi yang mengindikasikan bahwa seseorang memiliki terlalu banyak lipid (lemak) dalam darah. Tanda-tanda tubuh kelebihan kolesterol, meliputi mudah mengantuk, kesemutan, nyeri dada, dan kram.

Kolesterol jahat adalah jenis yang paling berbahaya karena menyebabkan endapan kolesterol yang mengeras terkumpul dalam pembulu darah.

Tingkat kolesterol yang tinggi dan peningkatan peradangan pada kadar kolesterol "normal", membuat anda berisiko tinggi terkena penyakit jantung. Untungnya, ada beberapa ciri atau gejala yang bisa anda perhatikan saat sedang mengalami kolesterol tinggi.

BACA JUGA:Jelang FORNAS VII di Jawa Barat 2023, Atlet Panahan Jambi Selenggarakan Ramadhan Scoring Day 2 Tahun 2023

Ciri-ciri kolesterol tinggi Dikutip dari British Heart Foundation, kolesterol tinggi biasanya tidak memiliki ciri spesifik. Ini seringkali merupakan faktor risiko tersembunyi yang artinya bisa terjadi tanpa kita sadari hingga terlambat.

Namun, jika anda memiliki hiperkolesterolemia familial (kolesterol bawaaan atau diwariskan orangtua), beberapa ciri kolesterol tinggi berikut akan muncul: Pembengkakan di jari tangan, lutut, atau tendon achilles di belakang pergelangan kaki Benjolan kolesterol kecil berwarna kuning, di dekat sudut dalam mata Garis putih pucat di sekitar bagian berwarna mata dan iris.

Seseorang yang memiliki kolesterol tinggi akan mendapati dirinya dalam kondisi normal. Namun, setelah beberapa saat, penumpukan plak (terbuat dari kolesterol dan lemak) dapat memperlambat atau menghentikan aliran darah ke jantung atau otak.

BACA JUGA:Jelang Bergabung Palmco, PTPN Dukung Sosial Ekonomi Masyarakat Sambut Lebaran

Gejala penyakit arteri koroner dapat berupa nyeri dada saat beraktivitas, nyeri rahang, dan sesak napas. Penyebab kolesterol tinggi Faktor gaya hidup dan genetik sama-sama berperan dalam menyebabkan kolesterol tinggi.

Berikut beberapa gaya hidup yang dapat meningkatkan risiko kolesterol tinggi:

1. Merokok dapat menurunkan kolesterol baik (HDL) dan meningkatkan kolesterol jahat (LDL).

2. Stres dapat memicu perubahan hormonal yang menyebabkan tubuh memproduksi kolesterol.

3. Minum alkohol Terlalu banyak dapat meningkatkan kolesterol total dalam tubuh. 

BACA JUGA:Banding Ditolak, Ricky Rizal Tetao Jalani Hukuman 13 Tahun Penjara

Sumber: