Mengenal Bahasa Daerah Suku Nias (Li Niha)

Mengenal Bahasa Daerah Suku Nias (Li Niha)

Ilustrasi Bahasa Nias-filemon Gulo-

jektvnews.com - Bahasa Nias adalah salah satu bahasa daerah di Indonesia yang digunakan oleh suku Nias dan penuturannya sama dengan cara penulisannya. Bahasa Nias digunakan oleh masyarakat yang tinggal dan berasal dari pulau Nias. Hingga saat ini pemakai aktif bahasa Nias mencapai 1 juta lebih.

BACA JUGA:Soal Tarif PDAM, Waka DPRD Kota Jambi M.A. Fauzi : Jangan Dulu Sekarang

Suku Nias tinggal dan berasal dari daerah pulau Nias, tepatnya disebelah barat Pulau Sumatera. Pulau Nias ini termasuk daerah otonomi Sumatera Utara.

Bila dilihat dipeta, ukuran pulaunya cukup kecil. Namun, jangan salah sudah terbagi menjadi 5 daerah (4 kabupaten dan 1 kota) yaitu Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Barat, Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Nias Utara dan Kota Gunungsitoli.

BACA JUGA:Anggota DPRD Kota Jambi Hizbullah Sampaikan Fraksi PKS Menolak Kenaikan Tarif PDAM

Oleh karena itu Pengguna Bahasa Nias sendiri tersebar disetiap penjuru daerah di Indonesia. Bagaimana tidak? Pulau Nias dengan luas wilayah yang kecil ditambah dengan jenis sumber penghasilan yang terbatas membuat Suku Nias dengan terpaksa harus mengadu nasib dan menetap diberbagai daerah pelosok Nusantara. Sudah jelas, meskipun orang Nias tinggal di luar pulau Nias namun tetap saja menggunakan bahasa Nias.

BACA JUGA: 10 Korban Pembunuhan Dukun Pengganda Uang di Banjarnegara

Walaupun demikian, penduduk pulau Nias ada juga pendatang yang kebanyakan bertempat tinggal di kota dan di sepanjang pesisir Pulau Nias, misalnya, orang Tapanuli, Minangkabau, Karo, jawa dan Tionghoa. Kenyataannya bahasa kaum pendatang tidak mempengaruhi bahasa Nias, artinya bahasa Nias masih dapat mempertahankan keasliannya, bahkan mau tak mau pendatang justru beradaptasi dengan ikut serta memakai bahasa Nias dalam kesehariannya. Hal ini dapat dipahami karena masyarakat suku Nias masih kuat dalam mempertahankan adat-istiadatnya, termasuk bahasanya.

BACA JUGA:Pemerintah Buka Sekolah Kedinasan Tahun 2023, Cek Infonya

Bahasa Nias cukup unik. Tak sedikit yang menyebut bahwa mendengar orang nias ngobrol persis sama dengan orang korea saat bicara. Pantesan saja, muka orang Nias kelihatan ada mirip-miripnya dengan perawakan orang korea. Memang iya ya?? mungkin saja.

BACA JUGA:Resep Ramadan, Tumis Oncom Anti Ribet

Dikutip dari Infonias, begini dialek bahasa Nias,

Walau bahasa Nias (li niha) kedengarannya dikenal sebagai bahasa sehari-hari masyarakat suku Nias, sebenarnya masing-masing wilayah mempunyai penuturan yang berbeda-beda atau dikenal dengan dialek.

BACA JUGA:Tarif PDAM Naik, Anggota DPRD Kota Jambi Joni Ismed: Saya Menolak Kenaikan Tarif Ini

Sumber: