7 Cara Belanja Online Agar Tidak Ditipu

7 Cara Belanja Online Agar Tidak Ditipu

Ilustrasi Belanja Online-shutterstock-

jektvnews.com - Dizaman yang serba maju ini, berbagai hal semakin mudah dilakukan. Salah satunya dalam bertransaksi barang. Jika dulu kita harus datang ke toko untuk berbelanja, kini kita bisa memesan barang yang ingin dibeli hanya bermodalkan gadget. Berkembangnya jual beli online ini akhirnya membuat tips belanja online banyak dicari.

BACA JUGA:KPK Kembali Periksa Mantan Pejabat Pajak Hari Ini

Pasalnya, meski saat ini semua barang bisa dibeli secara online, tetap ada saja oknum jahat yang melakukan penipuan. Banyak penipuan akhirnya terjadi saat kita akan bertransaksi, misalnya barang tidak sampai ke tujuan, barang yang dikirim rusak, dan masih banyak lagi contohnya. 

BACA JUGA:Ramadan 1444 Hijriah, SMSI Provinsi Jambi Bangun Silaturahmi dan Keakraban Antar Pengurus

Pengguna e-commerce di Indonesia berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Apalagi semenjak terjadinya pandemi virus Corona yang mengakibatkan terjadinya peningkatan penjualan online, terutama penjualan masker, hand sanitizer, dan alat kesehatan lainnya. Prediksinya, pertumbuhan Pengguna e-commerce masih akan terus terjadi dalam beberapa tahun ke depan. 

BACA JUGA:Pesona V BTS Berhasil Mencuri Perhatian dan Puncaki Trend Seluruh Dunia Saat Hadiri Pop Up CELINE

Karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui bagaimana berbelanja online secara aman agar tidak mudah tertipu dan tidak mengecewakan

1. Kenali toko online dengan cermat.

Gunakan aplikasi resmi yang terpercaya demi keamanan dan kelancaran transaksi online sehingga orang merasa yakin dan percaya saat ingin belanja online. Aplikasi yang digunakan seperti shopee, tokopedia, lazada, bukalapak, hingga blibli.com. 

BACA JUGA:Mengenal Istilah April Mop atau Hari Prank Didunia

2. Jangan tergiur dengan harga yang sangat murah

Pelaku penipuan online biasanya selalu memajang suatu barang dengan harga yang sangat murah, bahkan lebih dari 50% dari harga aslinya. Hal inilah yang membuat orang langsung tergiur lalu cepat-cepat mentransferkan uangnya ke rekening yang dituju oleh pelaku.

BACA JUGA:Sukses Jadi Trending Di Berbagai Platform Di Dunia, Visual Jisoo di MV 'Flower' Bikin Terpanah

3. Jangan terpaku pada testimoni

Sumber: