Sejarah Singkat Gerakan Pemuda di Nadhlatul Ulama

Sejarah Singkat Gerakan Pemuda di Nadhlatul Ulama

Fatayat Kabupaten Batanghari-Jektvnews-

jektvnews.com - Nahdlatul Ulama (NU) berdiri pada tanggal 16 Rajab 1344 H atau 31 Januari 1926 di Kota Surabaya oleh seorang ulama dan para pedagang untuk membela praktik Islam tradisionalis yang diajarkan sesuai dengan akidah Asy'ariyah dan fikih Mazhab Syafi'i juga kepentingan ekonomi anggotanya.

Dalam NU sendiri terdapat Gerakan Pemuda (GP). Untuk penyebutan para Pemuda dikenal dengan Ansor, dan para pemudi disebut dengan Fatayat NU.

BACA JUGA:Mengenal Secara Singkat Nahdlatul Ulama (NU) dan Sejarahnya

Keduanya lahir di bulan yang sama, yaitu april pada tanggal 24. Untuk tahunnya sendiri GP Ansor pada 1934, sementara Fatayat 1950.Hanya beda tahun saja. Dengan demikian, selisih keduanya terpaut 16 tahun.

Gerakan Pemuda (GP) Ansor merupakan badan otonom pertama di NU, sementara Fatayat ketiga. Di antara keduanya lahir Muslimat NU, sebuah banom untuk kalangan ibu-ibu. Sebagai badan otonom, organisasi-organisasi tersebut memiliki AD/ART sendiri yang berbeda, tapi tetap tidak bertentangan dengan visi dan misi induknya, yaitu NU. 

BACA JUGA:Sebelum Pulang Kampung, Perhatikan Beberapa Hal ini untuk Tips Mudik Aman dan Nyaman Saat Lebaran

Diketahui, NU mempunyai anggota yang berkisar dari 40 juta (2013) hingga lebih dari 95 juta pada Tahun (2021) yang menjadikannya sebagai organisasi Islam terbesar di dunia.

NU juga merupakan badan amal yang mengelola pondok pesantren, sekolah, perguruan tinggi, dan rumah sakit serta mengorganisir masyarakat untuk membantu peningkatan kualitas hidup umat Islam. (Khoyum)

Sumber: