Mudik Lebaran 2023, Wapres Ma'ruf Amin Minta Jangan Pakai Motor

Mudik Lebaran 2023, Wapres Ma'ruf Amin Minta Jangan Pakai Motor

Wapres RI Maruf Amin-Wapresri-

Jektvnews.com - Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan mudik pada Lebaran tahun ini dengan menggunakan sepeda motor.

Wapres Ma'ruf Amin menyampaikan bahwa, Kementerian Perhubungan memprakirakan sebanyak 123 juta masyarakat akan melaksanakan mudik, yang mana 20,30 persen menggunakan motor.

BACA JUGA:Persoalan Angkutan Batu Bara di Jambi, Ketua Komisi V DPR RI Lasarus : Kekacauan ini Harus Ada Jalan Keluarnya

Menurutnya, resiko potensi kecelakaan dengan menggunakan motor cukup tinggi dari tahun ke tahun.

“Itu berbahaya ya. Kalau bisa pemerintah meminta jangan (mudik) pakai motor. Karena itu ada mudik gratis,” kata Wapres Ma'ruf Amin, dikutip dari wapres ri, Kamis (30/3).

Akan tetapi, Wapres Ma'ruf Amin tetap mengingatkan jika masyarakat terpaksa menggunakan untuk menggunakan motor pada saat mudik Lebaran tahun ini harus mempersiapkan sekaligus menjaga diri sehingga meminimalkan potensi kecelakaan.

BACA JUGA:Angkutan Batu Bara Dilarang Lewat, Gubernur Jambi Akui Tak Punya Wewenang Mengenai Keputusan Tersebut

“Karena itu kita imbau supaya pemudik betul-betul menjaga diri dan mempersiapkan diri kalau mudik pakai motor,” ujarnya.

Ma'ruf Amin menjelaskan, pemerintah sudah mengantisipasi kebutuhan Idul Fitri, khususnya mudik.

Apalagi, potensi mudik tahun ini cukup besar setelah tiga tahun dihantam pandemi Covid-19.

BACA JUGA:Persoalan Angkutan Batu Bara di Jambi, 2 Hasil Keputusan Rapat Komisi V DPR RI

“Pemerintah sudah memetakan dalam rangka menghadapi Lebaran baik ketersediaan pasokan yang bahan makanan minuman kebutuhan lebaran itu memang sudah diantisipasi,” pungkasnya.

Sumber: