5 Tips Cara Mencegah Maag Kambuh Saat Puasa

5  Tips Cara Mencegah Maag Kambuh Saat Puasa

maag kambuh? Begini 6 tips cara mencegahnya-Blog Insan Medika-

jektvnews.com - Maag adalah penyakit yang sudah tidak asing lagi, penyakit ini terjadi ketika ada rasa nyeri pada lambung dan ulu hati yang terjadi karena asam lambung yang naik.

Hal ini terjadi karena asam lambung yang bersentuhan dengan lapisan mukosa sehingga menyebabkan iritasi.

BACA JUGA:Sempat Berstatus DPO, Natalia Rusli Muncul Pakai Baju Oranye

Untuk mengetahui apakah kamu mengalami maag atau tidak, kamu bisa mengecek apakah terdapat gejala-gejala seperti berikut.

  1. Mual dan muntah.
  2. Rasa asam di mulut.
  3. Nyeri ulu hati dan dada.
  4. Rasa panas pada perut dan dada.
  5. Perut terasa kembung.
  6. Sering bersendawa.

BACA JUGA:Kasus Pencemaran Nama Baik, Keponakan Wamenkumham Berstatus Tersangka

Maag bisa juga terjadi karena beberapa sebab, salah satunya adalah pola makan yang abnormal atau tidak sehat. Ketika puasa, maag dapat kambuh karena jenis konsumsi makanan atau waktu makan. Simak 6 tips berikut agar kamu terhindar dari sakit maag saat puasa!

Dilansir dari Halodoc, berikut 5 tips mencegah penyakit maag saat berpuasa,

Makanan yang kamu konsumsi ketika sahur dan berbuka bisa berdampak pada terjadinya maag. Sebab itu, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir terjadinya maag saat puasa:


1. Tidak melewatkan sahur

Sahur adalah waktu yang sangat penting untuk memastikan kesehatan tubuh tetap baik selama puasa. Lakukan sahur setiap kamu akan berpuasa agar asam lambung tidak naik dan menyebabkan maag.

Selain itu, makanan yang kamu konsumsi pada saat sahur juga harus bernutrisi agar bisa membantu pencernaan.

BACA JUGA:Kasus Pencemaran Nama Baik, Keponakan Wamenkumham Berstatus Tersangka

2. Berbuka puasa tepat waktu

Sama halnya seperti sahur, waktu buka puasa juga merupakan waktu yang sangat penting untuk memastikan bahwa asam lambung tidak naik. Asam lambung bisa menumpuk dalam perut ketika kosong.

Jika perutmu tetap kosong padahal sudah memasuki waktunya berbuka, asam lambung bisa naik dan menyebabkan maag. Rasa mual juga bisa ikut serta terasa karena hal ini.

Apabila kamu belum punya waktu untuk memakan makanan besar ketika berbuka, kamu bisa makan dalam porsi yang sedikit dahulu. Kamu bisa meminum air putih dan mengonsumsi kurma dan kemudian melanjutkan makan dalam satu sampai dua jam setelahnya.


3. Tidak mengonsumsi kafein sebelum makan

Kafein merupakan zat yang bisa meningkatkan produksi asam lambung dalam tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya minuman atau makanan yang mengandung kafein tidak kamu konsumsi dengan perut kosong.

Pastikan nutrisi lain sudah masuk terlebih dahulu sebelum mengonsumsi kafein. Selain itu, kamu juga bisa membatasi minuman berkafein yang kamu konsumsi ketika berpuasa.

BACA JUGA:Resep Ramadan. Sambal Bawang Saus Tiram Maknyus

4. Menghindari langsung tidur setelah makan

Ahli medis menyarankan bahwa seseorang sebaiknya tidak berbaring atau tidur langsung setelah mereka makan. Jika melakukan hal ini, pencernaan dapat mengalami masalah dan maag bisa terjadi. Sebaiknya, kamu berbuka dua sampai tiga jam sebelum kamu tidur agar tubuh memiliki waktu untuk mencerna makanan.


5. Menghindari makanan yang terlalu asam dan pedas

Sumber: