7 Gunung Api Aktif di Indonesia, Gunung Kerinci Tertinggi Indonesia

7 Gunung Api Aktif di Indonesia, Gunung Kerinci Tertinggi Indonesia

jektvnews.com - Indonesia merupakan negara dengan jumlah gunung berapi dalam status aktif terbanyak di dunia. Selain itu, banyak gunung berapi di Indonesia yang tinggi menjulang, bahkan lebih dari 3.000 meter di atas permukaan laut (mdpl).

 

Berdasarkan data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Gunung Kerinci menjadi gunung berapi dengan status aktif tertinggi di Indonesia.

 

Dikutip dari Dataindonesia.id, berikut 7 Gunung Api aktif yang berada di Indonesia.

 

1. Gunung Kerinci

Gunung Kerinci yang terletak di perbatasan Kabupaten Kerinci, Jambi dan Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat itu memiliki ketinggian hingga 3.805 mdpl.

 

Gunung Kerinci ini memiliki bentuk stratovulkan dengan luas kawah seluas 400x120 meter yang berisi air berwarna hijau. Tercatat gunung Kerinci ini mengalami erupsi pada 18 Oktober 2022 hingga saat ini.

 

2. Gunung Semeru

Gunung Semeru berada di wilayah Jawa Timur, gunung Semeru ini memiliki ketinggian mencapai 3676 mdpl. gunung tersebut masuk level IV atau berstatus awas. Itu merupakan level tertinggi dalam status gunung berapi. Pada level IV, gunung berapi dalam keadaan kritis, yang dapat menimbulkan bencana. Seperti Semeru yang habis erupsi cukup besar.

 

3. Gunung Raung

Gunung Raung berada di ujung timur Pulau Jawa. Secara administratif, gunung ini masuk dalam tiga kabupaten yaitu Banyuwangi, Bondowoso dan Jember. Gunung Raung memiliki ketinggian 3.332 mdpl. Gunung ini terakhir erupsi pada 27 Juli 2022.

 

4. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani berada di Nusa Tenggara Barat berada di urutan kedua dengan ketinggian mencapai 3.726 mdpl. Kemudian, Gunung Semeru di Jawa Timur yang tengah aktif erupsi memliki ketinggian 3.676 mdpl.

 

Gunung Rinjani sendiri merupakan gunung yang populer bagi para pendaki. Gunung ini memiliki pemandangan padang rumput yang luas dengan hutan tropis yang indah. Taman Nasional Gunung Rinjani sendiri diketahui luasnya mencapai sekitar 41.330 hektare.

 

5. Gunung Slamet

Gunung Slamet di Jawa Tengah memiliki ketinggian 3.428 mdpl. Ada pula Gunung Sumbing di Jawa Tengah dengan ketinggian mencapai 3.371 mdpl.

Gunung Slamet ini, memiliki kawah yang masih aktif sampai saat ini, pada kaki gunung terdapat kawasan wisata yang di sebut wisata Baturaden.

 

6. Gunung Arjuno

Gunung Arjuno berada di Jawa Timur punya ketinggian mencapai 3.339 mdpl. Gunung Arjuno ini tercatat pada bulan Agustus 1952 pernah mengalami letusan.

 

7. Gunung Dempo

Gunung Dempo, memiliki ke tinggian sekitar 3.173 meter. terletak di perbatasan Sumatera Selatan dan Bengkulu, atau lebih tepatnya di Pagaralam. Gunung ini tergolong stratovulkan. Letusan terakhir terjadi tahun 2009 yang lalu.

Sumber: