Dishut Dan Brg Gelar Bimtek Dan Simulasi Pencegahan Dan Penanggulangan Dini Karhutla

Dishut Dan Brg Gelar Bimtek Dan Simulasi Pencegahan Dan Penanggulangan Dini Karhutla

jektvnews.com,Muaro Jambi-,Dinas Kehutanan Provinsi Jambi Dan Badan Restorasi Gambut mengadakan bimbingan teknis dan simulasi, pencegahan dan penanggulangan dini kebakaran  hutan dan lahan, atau karhutla secara terpadu, yang dilaksanakan pada 27 agustus 2022, di Desa Seponjen, Kabupaten Muaro Jambi.

 

Kegiatan ini diisi oleh narasumber yang memiliki pengalaman dibidang karhutla,diantaranya  Andico Jumarel Panit Subdit  Ditreskrimsus Polda Jambi,Padal Asap Digital,AKP Dedi Subandi Kapolsek Kumpeh Ilir,Yazdian Staf Darurat Bpbd Provinsi Jambi,Kapten Inf Kusnaidi Danramil 415-01, Dan Sandy Prabowo P-E-H Pertama Manggala Agni Daops Sumatera IX,Kota Jambi.

 

Kegiatan simulasi tersebut, dilaksanakan dengan tujuan agar saat terjadi kebakaran, pihak-pihak penanganan bencana kebakaran hutan, dapat melaksanakan penanggulangan kebakaran tersebut sesuai dengan apa yang telah diupayakan sebelumnya,,adapun upaya pencegahan karhutla tersebut antara lain dengan memasang kamera cctv, untuk melihat posisi timbulnya asap

 

Dalam skenario simulasi tersebut ,diketahui terjadi kebakaran hutan dan lahan di rt 01 desa seponjen, pada pukul 10.00 wib. Joko Triono selaku kasi pengelolaan daerah aliran sungai dan PPK pada kegiatan Restorasi Gambut BRGM meyampaikan, bahwasannya pemadaman api di bantu oleh pihak-pihak terkait, sehingga api dapat dipadamkan pada pukul 15.30 wib.

 

Pemadaman tersebut dibantu oleh Kapolsek, Danramil, Kepala Desa setempat, BPBD, dan juga Manggala Agni. Dalam upaya simulasi penanggulangan kebakaran tersebut, seluruh petugas terkait berhasil dan selamat dengan baik.

 

‘kita dibantu Kapolsek,Danramil,kades, BPBD serta Manggala Agni”

 

sementara itu Kapten Inf Kusnaidi selaku danramil 415-01 yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut juga mengatakan bahwa, dalam simulasi kebakaran tersebut, pihak-pihak yang terkait dalam memadamkan api telah menyiapkan segala keperluan, termasuk sdm yang juga dikerahkan.

 

Sumber: