Apel Siaga Darurat Karhutla 2022

 Apel Siaga Darurat Karhutla 2022

jektvnews.com,Kota Jambi,- Apel siaga darurat kebakaran hutan dan lahan telah dilaksanakan pada Jumat 9 Juni 2022 Di Lapangan Makorem 042 Garuda Putih, yang dipimpin langsung oleh Gubernur Jambi Al Haris.

 

Apel tersebut diikuti ratusan personel satgas karhutla, mulai dari TNI, POLRI, BPBD, BASARNAS, Dinas Kehutanan Provinsi Jambi dalam hal ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jambi Akhmad Bestari dan instansi terkait lainnya.

 

Dalam kesempatan tersebut,Al Harisselaku ketua satgas meminta untuk melakukan perisapan penanganan sejak dini,,selain itu, Al Harisjuga secara langsung menyerahkan bantuan dari Dinas Kehutanan Provinsi Jambi berupa mesin operasional pembasahan gambut kepada 17 desa rawan bencana,yang diwakili oleh 5 desa.

 

Adapun daerah yang merupakan spot rawan bencana diantaranya terdapat di Kabupaten Tanjung Jabung Timur,Tanjung Jabung Barat Dan Kabupaten Muaro Jambi,selain itu terdapat juga bantuan sebanyak 17 unit mesin pemadaman.

 

Kegiatan ini diselenggarakan  mengingat sudah banyaknya lahan yang terbakar mencapai lebih dari 62 hektar,tentunya hal ini merupakan sebuah pertanda bahwa potensi terhadap titik tertentu masih rawan kebakaran,untuk itu sangat diperlukan antisipasi dini sehingga nantinya tidak ada perluasan lahan yang terbakar.

“kita kedepannya akan lakukan antisipasi dini pencegahan karhutla”. Tutur orang nomor satu di Jambi tersebut

 

Gubernur Jambi berharap, satgas ini dapat bekerja maksimal,efektif dan efisien serta fokus dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan,serta memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat secara persuasif proaktif dan melibatkan semua pihak terkait dalam upaya pencegahan bencana di provinsi Jambi.

 

 

Sumber: