Tim Pengabdian Universitas Jambi Dampingi Masyarakat dalam Penggunaan Teknologi Tepat Guna untuk Peningkatan Produktivitas Pada Usaha Keripik Singkong di Desa M

Tim Pengabdian Universitas Jambi Dampingi Masyarakat dalam Penggunaan Teknologi Tepat Guna untuk Peningkatan Produktivitas Pada Usaha Keripik Singkong di Desa M

jektvnews.com - Jambi, Usaha mikro keripik singkong merupakan usaha rumahan yang banyak digeluti beberapa keluarga untuk menambah penghasilan di Desa Merlung, Kecamatan Merlung Kabupaten tanjung Jabung Barat. Masyarakat yang membuat keripik singkong rumahan sebagian besar masih menggunakan peralatan manual. Selain itu, masyarakat juga terbatas dalam melakukan pemasaran keripik singkong. Hal ini terlihat dari sistem pemasaran dan kemasan produk. Sistem pemasaran yang dilakukan masyarakat yaitu masyarakat masih menjual keripik singkong di toko atau di rumah masing-masing. Kemasan produk usaha keripik singkong masyarakat masih menggunakan plastic biasa, sehingga belum mempunyai daya tarik dan kekhasan dalam produk nya.Penggunaan alat manual dan penjualan yang masih menggunakan cara memajangnya ditoko akan berpengaruh terhadap efesiensi dan produktivitas usaha keripik singkong yang dilakukan oleh masyarakat.

Tim Pengabdian masyarakat dari Program Studi Fisika Universitas Jambi melakukan pengabdian dengan mensosialisasikan penggunaan alat perajang singkong otomatis serta penjualan produk dengan sistem digital marketing dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas usaha keripik singkong. Untuk penggambaran penggunaan Alat Perajang Singkong Otomatis maka tim membuat alat perajang singkong otomatis dari alat manual ditambahkan dengan teknologi sistem instrumentasi. Alat perajang otomatis terdiri dari beberapa bagian yaitu bagian alat manual, motor DC, rangkaian elektronika, dan Aki sebagai sumber daya sistem. Prinsip kerja dari alat yaitu alat akan otomatis bergerak sesuai dengan kecepatan yang telah ditentukan.

Sebagai tindak lanjut kegiatan pengabdian, maka dilakukan workshop dan sosialisasi kepada masyarakat dalam penggunaan teknologi tepat guna dalam usaha keripik singkong. Pengabdian ini dibuka oleh Kepala Desa Merlung, dan diikuti oleh mayarakat yang mempunyai usaha mikro keripik singkong. Teknologi yang digunakan yaitu alat perajang singkong otomatis serta penjualan produk dengan sistem digital marketing untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas usaha keripik singkong masyarakat. Sosialisasi terhadap alat perajang singkong otomatis yaitu tim memberikan pengarahan bagaimana cara membuat, mekanisme alat, serta hasil rajangan singkong yang dihasilkan oleh alat. Dari diskusi dan tanggapan masyarakat maka didapatkan masukan dan inovasi terhadap alat yang telah dirancang untuk lebih meningkatkan kualitas kerja alat.

Sistem digital marketing di presentasikan untuk lebih memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang pemasaran produk keripik singkong secara online menggunakan media digital. Tujuan dari pemasaran ini adalah untuk menjangkau sebanyak- banyaknya target customer secara efisien, personal dan relevan. Pemasaran digital ini memadukan teknik serta pengetahuan dalam psikologi pasar dan teknologi. Pemilihan media yang tepat untuk mempromosikan produk atau jasa kita adalah faktor penentu keberhasilan pemasaran. 

Harapannya, kegiatan pengabdian ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dalam penggunaan teknologi tepat guna untuk usaha mikro. Masyarakat dapat memahami dan mengaplikasikan penggunaan teknologi tepat guna dalam meningkatkan produktivitas usaha dan meningkatkan perekonomian. Antusias dari masyarakat dalam mengikuti kegiatan dapat mendorong untuk menjadikan usaha keripik singkong dari Desa Merlung dikenal oleh banyak orang dari berbagai daerah.

 

Sumber: