Melalui Pemanfaatan Limbah Pelepah Sawit, Tim Pro-Ide Imadika Melakukan Kegiatan Pelatihan Kerajinan Bersama Masyarakat Desa Baru

Melalui Pemanfaatan Limbah Pelepah Sawit, Tim Pro-Ide Imadika Melakukan Kegiatan Pelatihan Kerajinan Bersama Masyarakat Desa Baru

jektvnews.com,Muaro Jambi,- Program Inovasi Desa (PRO-IDE) merupakan program merdeka belajar kampus merdeka (MBKM), salah satu program unggulan dari Universitas Jambi. Universitas Jambi dengan sangat serius dalam pelaksaan program ini, dibuktikan dengan banyaknya tim yang berpartisipasi dan didukung penuh oleh pihak kampus.

 

Salah satu tim yang ikut serta dalam kegiatan Program Inovasi Desa yaitu Tim Ikatan Mahasiswa Administrasi Pendidikan (IMADIKA) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Program yang dilakukan oleh tim IMADIKA bertujuan untuk melakukan kegiatan pemberdayaan terhadap masyarakat desa. Program Inovasi Desa  yang bergerak dalam salah satu tri dharma perguruan tinggi ialah pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Mahasiswa.

 

Mahasiswa dapat berkolaborasi bersama perangkat desa sesuai penempatan desa yang dituju ,melalui proposal yang telah diajukan kepada Universitas Jambi sebagai penyelenggara program terlebih dahulu memberikan bimbingan teknis untuk melakukan kegiatan program inovasi desa agar mahasiswa tidak merasa bingung di desa penempatan.

 

Program Inovasi Desa merupakan program yang dapat memberikan dorongan terhadap masyarakat desa berbantuan Mahasiswa sebagai agen perubahan ketika bersama dengan masyarakat desa untuk terus meningkatkan produktivitas dan ide baru dalam kemajuan desa di masa yang akan datang.

 

Ikatan Mahasiswa Administrasi Pendidikan (IMADIKA) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi telah mengajukan Proposal yang berjudul “Pemberdayaan Warga Desa Baru Melalui Pemanfaatan Industri Anyaman Pelepah Sawit Guna Meningkatkan Pendapatan Keluarga” dengan ikut serta dalam kegiatan bimbingan bersama dosen yang ahli dalam berbagai bidang terutama dalam aktivitas yang bisa dilakukan di desa serta pajak dan penggunaan uang untuk menjalankan program yang mana pelaksanaan bimbingan di lakukan di Hotel Mahligai 9 Jambi.

 

Program Inovasi IMADIKA Desa memiliki beberapa kegiatan yang dilaksanakan selama penugasan, yaitu kegiatan program inovasi desa yang utama ialah pelatihan pembuatan Anyaman pelepah sawit yang dilaksanakan di balai desa baru bersama ibu-ibu PKK.

 

Kegiatan lain yang dilaksanakan yaitu bertemu dengan perangkat desa membangun komunikasi dan berdiskusi mengenai program lain yang bisa dilakukan untuk  memberdayakan desa bersama dan juga mengikuti kegiatan rutin masyarakat desa baru, berkumpul membahas kegiatan serta membangun relasi dengan pemuda dan pemudi desa baru.

Di Desa Baru terdapat 647 Kepala keluarga dan 2211 jiwa, data ini diambil berdasarkan data bulan Maret 2022. Desa Baru terdiri dari 2 Kepala Dusun yang terbagi menjadi 11 RT. Berdasarkan hasil observasi Desa Baru, Desa resebut memiliki beragam suku dan toleransi yang kuat bagi sesama masyarakat sekitarnya yang terdiri dari suku jawa, minang dan yang mendominasi dari daerah jambi, mereka perlu mengenal tamu tim program inovasi desa terlebih dahulu dengan menanyakan asalnya dari mana dan menyambut pendatang baru yang akan menetap di desa baru ini dengan membawa seluruh program kerja yang akan di implementasikan di desa.

Sumber: