Algoritma Welch-Powell, Solusi Tata Kelola Penyusunan Jadwal Pelajaran Yang Efektif

Algoritma Welch-Powell, Solusi Tata Kelola Penyusunan Jadwal Pelajaran Yang Efektif

jektvnews.com - Jambi, Permasalahan atau kesulitan yang selalu ditemui oleh perangkat sekolah saat akan memulai tahun ajaran baru atau semester baru adalah tentang penataan jadwal pelajaran. Pekerjaan ini sangat penting untuk nyamannya keberlangsungan kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu pekerjaan penataan jadwal pelajaran butuh keseriusan tingkat tinggi. Cara yang biasanya dilakukan oleh wakil kurikulum dalam menata jadwal adalah dengan mencoba-coba merancang jadwal pelajaran tanpa membangun suatu asumsi ataupun pertimbangan khusus.

Namun yang sering terjadi adalah ketika pada saat merancang jadwal sudah banyak pelajaran yang terjadwal pada suatu hari dan suatu jam, ternyata selalu ada saja mata pelajaran yang terjadwal bentrok dikarenakan jadwal gurunya yang sudah terjadwal di kelas lain, ataupun muridnya yang sudah terjadwal untuk belajar pelajaran lain. Hal ini tentunya tidak realistis, sehingga wakil kurikulum atau orang yang ditugaskan menyusun jadwal ini terpaksa merevisi lagi jadwal yang sudah disusun. Oleh karena itu diperlukan suatu cara yang lebih sistematis dalam penyusunan dan penataan jadwal pelajaran sehingga tidak menyita banyak waktu wakil kurikulum dalam pengerjaannya. Permasalahan dalam penyusunan jadwal pelajaran bisa diselesaikan dengan memanfaatkan sebuah algoritma, yaitu algoritma Welch-Powell.

Pada tanggal 26-27 September 2022, tim PPM (Pengabdian Kepada Masyarakat) Universitas Jambi yang diketuai Ibu Syamsyida Rozi, S.Si, M.Si, melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan judul Pendampingan Pemanfaatan Algoritma Welch-Powell Untuk Tata Kelola Jadwal Pelajaran yang Efektif di SMP Se-Kabupaten Muaro Jambi. Kegiatan PPM ini bermitra dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Muaro Jambi, dan didukung oleh LPPM Universitas Jambi. Kegiatan dilakukan dalam bentuk workshop pemanfaatan algoritma Welch-Powell untuk mempermudah menata jadwal pelajaran dengan proses sistematis dan efektif.

Tim PPM memberikan pendampingan pada wakil kepala SMP bidang kurikulum se-Kabupaten Muaro Jambi sehingga memperoleh kemampuan dan keterampilan yang dapat diimplementasikan untuk menata jadwal pelajaran yang lebih sistematis, lebih cepat dan lebih efektif. Workshop dilakukan selama 2 sesi/ 2 hari dan pada 2 lokasi yang berbeda, yaitu pada hari Senin, 26 September 2022 berlokasi di SMP N 2 Muaro Jambi di Kecamatan Mestong yang dihadiri oleh 49 wakil kepala SMP bidang kurikulum, dan pada hari Selasa, 27 September 2022 berlokasi di SMP N 9 Muaro Jambi di Kecamatan Sungai Gelam dihadiri oleh 34 wakil kepala SMP bidang kurikulum.

Materi yang disampaikan oleh Ibu Syamsyida Rozi, S.Si., M.Si. selaku narasumber diawali dengan menyampaikan tentang pendahuluan teori graf dan informasi algoritma Welch Powell yang akan diterapkan, kemudian menyampaikan data yang diperlukan untuk penyusunan jadwal, yaitu data kelas, nama mata-pelajaran, nama guru dan jam pelajaran yang dibutuhkan untuk masing-masing mata-pelajaran. Selanjutnya menjalankan langkah-langkah untuk penyusunan jadwal menggunakan algoritma Welch Powell. Ketika narasumber menjelaskan langkah per langkah dengan detail, peserta langsung mempraktikkan di laptop mereka masing-masing yang didampingi oleh tim dosen pengabdian, yaitu Ulfa Khaira, S.Komp., M.Kom., Bunga Mardhotillah, S.Si., M.Stat., Sherli Yurinanda, S.Pd., M.Si., serta oleh mahasiswa Chandra Buana, Melva Silka Br Ginting, Siti Nurhalizah, dan Fahrur Rozi yang juga sangat menguasai materi pelatihan ini.

Kegiatan pelatihan berjalan lancar dan diikuti oleh peserta dengan antusias. Kegiatan pelatihan ini tidak hanya menambah wawasan peserta tentang menyusun jadwal pelajaran yang efisien, tapi juga keterampilan peserta dalam menggunakan Ms. Excel.

Sumber: