Festival Candi Muaro Jambi Sepi Al-Haris Minta Panitia Libatkan Masyarakat

Festival Candi Muaro Jambi Sepi Al-Haris Minta Panitia Libatkan Masyarakat

jektvnews.com,Muaro Jambi  - Festival Candi Muaro Jambi tahun 2022 yang berpusat di Danau Kelari Sepi, pantauan di lapangan yang digelar pada Minggu (31/7) dan kegiatan ini banyak dihadiri oleh ASN di lingkup pemerintah Kabupaten Muaro Jambi dan juga ASN Pemerintah Provinsi Jambi. Sementara untuk masyarakat sepi, dan sepinya kegiatan ini dikarenakan kurangnya minat masyarakat untuk menghadiri kegiatan tersebut. Selain itu  banyak warga yang tidak mengetahui adanya kegiatan tersebut.

Warga setempat menyebut jika yang hadir di lokasi acara kebanyakan pejabat dibandingkan masyarakat. Masyarakat yang datang ke Candi Muaro Jambi bukan mengunjungi tempat festival, melainkan mengunjungi kompleks percandian. Bahkan banyak masyarakat yang tidak tahu jika ada kegiatan festival Candi Muaro Jambi, sebab kegiatan tersebut bukan di area candi. Menurut warga yang datang ke lokasi merupakan masyarakat yang berhubungan langsung dengan kegiatan, seperti yang ikut lomba. Bahkan tenda saja tidak berisi penuh, menurutnya jauh meriah tahun sebelumnya dibandingkan tahun ini.

Gubernur Jambi Al Haris turut mengomentari bahkan menekankan kegiatan ini melibatkan masyarakat setempat. Hal ini dimaksud agar masyarakat bisa menikmati wisata Candi Muaro Jambi.

“Kita berharap tiap tahun ada inovasi baru terhadap festival ini. Bisa dengan menunjukkan objek lain, seperti Danau Kelari, agar publik tahu bahwa di sini tidak hanya ada candi saja,” jelas Al Haris.

 

Sumber: