Pelabuhan Roro Resmi Jadi Aset Pemkab Dishub Pastikan Regulasi Maksimal Ton Kendaraan Akan Diatur

Pelabuhan Roro Resmi Jadi Aset Pemkab Dishub Pastikan Regulasi Maksimal Ton Kendaraan Akan Diatur

jektvnews.com-Kuala Tungkal,

Sebelumnya hampir 5 tahun belakangan Pelabuhan Roro Kuala Tungkal bukan merupakan milik Pemkab Tanjung Jabung Barat. Sebab, sejak beroperasi pada tahun 2017 lalu, pemerintah kabupaten hanya sebagai pengelolah saja, namun seiring berjalannya waktu, akhirnya Pelabuhan Roro Kuala Tungkal resmi dimiliki oleh pemkab Tanjung Jabung Barat, bahkan telah dilakukan penandatangan serah terima aset terkait Pelabuhan Roro kepada Pemkab Tanjung Jabung Barat.

 

Diketahui, saat ini pembenahan terhadap Pelabuhan Roro akan diberlakukan sesuai aturan. Ini dibenarkan langsung oleh kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tanjung Jabung Barat Syamsul Juhari, menurutnya, penyerahan aset Pelabuhan Roro ini sangat dinanti oleh pihak Pemkab, sebab Pelabuhan Roro Kuala Tungkal merupakan gerbang pintu masuk terdekat menuju Batam dan Tanjung Balai.

 

“Jadi ini sudah sejak bulan Juli lalu, kita sudah meneken surat pernyataan hibah dan juga serah terima asset dari kementrian perhubungan RI”.Tutur Syamsul Juhari

 

Dirinya juga mengatakan, melalui Pelabuhan Roro ini dapat menghemat waktu bagi masyarakat maupun kendaraan ekpedisi barang menuju Batam dan Tanjung Balai. Sebab, sejak beroperasi 2017 lalu, antusias masyarakat maupun kendaraan ekspedisi barang sangat membantu dengan adanya Pelabuhan Roro tersebut, serta dapat menghemat waktu perjalanan ketimbang melewati Pelabuhan di Riau.

 

 

Syamsul menambahkan, nantinya pihak Dishub rencananya juga akan menerapkan aturan regulasi tonase kendaraan angkutan barang atau maksimal yang dapat melintasi Pelabuhan Roro, sekitar 15 ton muatan isi kendaraan, selain itu kedepannya akan dilakukan renovasi guna memperindah Pelabuhan Roro.

 

“ nanti akan kita buatkan semacam regulasi aturan Perda atau Pergub, agar pengelolaan pelabuhan Roro ini dapat kita laksanakan, sesuai dengan kemampuan dan juga kapasitas yang ada di pelabuhan Roro. Nanti juga akan kita lakukan survey dan assessment dari pelabuhan Roro.” Pungkasnya

 

Sumber: