Imlek 2022: Tujuan Perayaan Imlek Bagi Tionghoa dan Sejarahnya

Imlek 2022: Tujuan Perayaan Imlek Bagi Tionghoa dan Sejarahnya

 Perayaan Tahun Baru Imlek biasanya menjadi momen untuk berkumpul dan bersuka cita bersama keluarga besar. Perayaan hari besar keagamaan tahun baru Imlek juga merupakan sebuah momen penting khususnya bagi umat Khonghucu dan Tionghoa.

 Namun, di tengah situasi pandemi COVID-19 saat ini, peringatan Tahun Baru Imlek diharapkan bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana.

Satgas COVID-19 juga mengimbau agar masyarakat merayakan Imlek dengan cara yang berbeda dengan sebelum era pandemi. Tujuannya agar terhindar dari penularan COVID-19.

Berikut lima tips perayaan Imlek era pandemi sebagaimana disarankan oleh Satgas COVID-19

  • Saat melakukan tradisi bersih-bersih rumah untuk sambut rezeki dan keberuntungan, sekalian gunakan desinfektan agar lebih aman dari virus COVID-19
  • Persiapan makan malam Tahun Baru Imlek dengan menambahkan menu-menu bergizi seimbang
  • Lakukan tradisi berkunjung ke rumah sanak saudara dan keluarga besar secara virtual dengan berbagai aplikasi yang menyediakan panggilan video (video call)
  • Tradisi kirim angpao bisa memanfaatkan teknologi pengiriman uang elektronik, seperti m-banking atau dompet digital (e-wallet)
  • Jika melakukan aktivitas di luar rumah selama Imlek berlangsung, ingat untuk disiplin 3M: memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, serta mencuci tangan pakai sabun setiap akan menyentuh area wajah.

Sumber: