Segernya Kunyit dan Asam Jawa, Apalagi diminum Hangat-hangat

Segernya Kunyit dan Asam Jawa, Apalagi diminum Hangat-hangat

Indonesia kaya akan rempah-rempah yang memiliki banyak manfaat. Penjajah yang menjajah Indonesia juga dahulunya mencari rempah-rempah. Kita sebagai orang Indonesia harus bersyukur dan memanfaatkan bahan-bahan alami yang sangat banyak terdapat disekitar kita.

Rempah-rempah alami ini bisa dibuat olahan minuman, tidak hanya jahe saja tapi juga kunyit dan asam Jawa. Kunyit dan asam Jawa selain digunakan sebagai bumbu masakan, biasanya juga dijadikan minuman rebusan.

Kunyit dan Asam Jawa juga bisa dikombinasikan menjadi minuman yang menyegarkan, tidak hanya diminum terpisah diseduh air hangat masing-masing, dimana kedua rempah ini memiliki manfaat yang sudah terbukti.

Rutin mengonsumsi kedua rempah ini dengan porsi yang cukup dan tidak berlebih, dipercaya dapat membantu meringankan beragam masalah tubuh dan meningkatkan kesehatan. Diantaranya:

Manfaat Air Rebusan Kunyit dan Asam Jawa

1. Mengatur gula darah

Penderita diabetes tentu punya kewajiban untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh mereka.

Sejak dulu, jamu kunyit asam kerap direkomendasikan bagi penderita diabetes.

2. Mencegah risiko kanker

Hebatnya, curcumin dalam kunyit juga punya khasiat untuk mencegah risiko kanker.

Sebagai antioksidan dan anti-peradangan, curcumin dapat mengurangi risiko sel tubuh yang mengalami kerusakan akibat mutasi sel dan kanker.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Minum kunir asem secara teratur juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan antioksidan, anti-peradangan, dan antibakteri di dalamnya.

Selain itu, curcumin dalam jamu kunyit asam juga bisa menjadi modulator kekebalan tubuh untuk melawan kanker.

Sumber: