Jambi Mulai Berangkatkan 54 Jamaah Umroh Tahap Pertama

Jambi Mulai Berangkatkan 54 Jamaah Umroh Tahap Pertama

jektvnews.com Jambi, Kanwil Kemenag Provinsi jambi mulai memberangkatkan jemaah umroh tahap pertama tahun 2022 sebanyak 54 orang dari 3.492 orang jemaah umroh jambi yang masuk daftar keberangkatan.

54 orang jamaah umroh tersebut diberangkatkan melalui Bandara Sultan Thaha Saifudin Jambi, senin (10/1/22).

Kepala bidang penyelenggaraan haji dan umrah Kanwil Kemenag Provinsi Jambi, Abdullah Saman mengatakan ada beberapa teknis yang harus dilalui jamaah umroh yang berangkat di masa pandemi ini.

Seperti pemberangkatan melalui Bandara Soekarno Hatta Jakarta, dimana jamaah harus memeriksa kesehatan 1x24 jam dan nantinya jamaah akan diinapkan satu malam, termasuk tes covid-19. Jika negatif jamaah boleh diberangkatkan. Adapun syarat lainnya vaksin harus dosis lengkap.

Lalu setibanya di arab saudi jemaah harus dikarantina selama tujuh hari, setelah itu jamaah kembali di tes Pcr, jika negatif baru bisa umroh. Selain itu di Arab Saudi jamaah harus membekali diri dengan aplikasi tawakalna atau sama dengan aplikasi peduli lindungi jika di Indonesia.

“Jadi memang kesehatan sangat diutamakan, dan karena beliau-beliau ini jamaah Indonesia. Dan karena jambi cukup banyak yang tertunda kemarin, lebih dari 3 ribuan yang tertunda. Sehingga pemberangkatan ini sangat membantu jamaah kita yang sangat rindu mekkah,” terang Abdullah.

“Aturan umroh di tengah pandemi ini akan sedikit berat bagi jamaah, sebab saat kembali ke Indonesia jamaah harus dikarantina selama 10 kali 24 jam. Selain itu ibadah umrohnya hanya sekali di arab saudi berbanding saat normal yang bisa tiap hari ibadahnya,” sambungnya.

Sementara dari data Kemenag jambi saat ini, terdapat 3.492 jamaah umroh jambi yang belum berangkat, padahal saat sebelum terjadi pandemi covid-19 dua tahun lalu provinsi jambi mampu memberangkatkan sebanyak 6.756 jemaah umroh per tahun.(Rcc)

 

Sumber: