Belajar Mengembangkan Konten Video Pembelajaran Dengan Berbagai Tipe

Belajar Mengembangkan Konten Video Pembelajaran Dengan Berbagai Tipe

JEKTV.co.id - Perkembangan Teknologi Multimedia belakangan ini menyebabkan bermunculan berbagai tipe produk video pembelajaran. Mulai dari produk video pembelajaran bertipe tembaga/perunggu, perak, hingga emas telah banyak dikembangkan oleh berbagai kalangan, tak terkecuali para tenaga pendidik di berbagai jenjang pendidikan. Video pembelajaran tipe tembaga/perunggu berisi slide materi dan narasi tanpa disertai oleh video penunjukan wajah tenaga pengajar. Video pembelajaran tipe perak berisi slide materi dan narasi disertai dengan preview webcam yang menunjukan wajah dosen. Sementara video pembelajaran tipe emas berisi slide materi menyatu dengan video yang menunjukan wajah dosen.

 

Penggunaan berbagai bentuk video pembelajaran saat ini sangat digemari, terutama dalam mendukung proses pembelajaran di masa Pandemi Covid-19. Akan tetapi, belum semua kalangan tenaga pendidik memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam membuat dan mengembangkan konten video pembelajaran, sehingga manfaat dari penggunaan video pembelajaran dalam mendukung proses belajar-mengajar pun belum dapat dirasakan secara optimal oleh semua kalangan.

 

Untuk mendukung peningkatan pengetahuan dan keterampilan dari tenaga pendidik tersebut, tim Pengabdian Kepada Masyarakat program studi Sistem Informasi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Jambi telah melakukan kegiatan “Pelatihan Pengembangan Konten Video Pembelajaran Bagi Guru SMAN Titian Teras Jambi” pada hari Kamis, 23 September 2021 lalu. Kegiatan pelatihan ini  dibuka oleh Bapak Pahrin Wirnadian, S.Pd., M.Si. selaku Kepala Sekolah SMAN Titian Teras Jambi, dan dipimpin oleh Bapak Edi Saputra, S.T., M.Sc. selaku ketua tim pelaksana PPM. Adapun rangkaian kegiatan tersebut dimulai dari pembukaan oleh Kepala Sekolah, kemudian sosialisasi video pembelajaran, karakteristik dan manfaat video pembelajaran serta pentingnya dalam proses pembelajaran daring yang disampaikan oleh Bapak Edi Saputra, S.T., M.Sc., dan dilanjutkan penyampaian materi pelatihan pengembangan konten video pembelajaran oleh tim PPM serta diskusi bersama para guru SMAN Titian Teras Jambi. Kemudian kegiatan ini ditutup dnegan melakukan sesi foto bersama.

 

Pada pembukaan yang dilakukan oleh Kepala Sekolah SMAN Titian Teras Jambi, Bapak Pahrin Wirnadian, S.Pd., M.Si. menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan PPM ini disambut baik oleh Kepala Sekolah maupun guru- guru SMAN Titian Teras Jambi mengingat akan kebutuhan media ajar dalam pelaksanaan pembelajaran secara jarak jauh. Hal ini dikarenakan pada masa pandemi ini guru-guru tidak lagi dapat memberikan materi pembelajaran secara langsung atau tatap muka di dalam kelas tetapi harus ada media yang dapat mendukung penyampaian materi pembelajaran secara jarak jauh atau online sehingga pembelajaran dapat tetap berlangsung tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Dan luaran yang dicapai dari kegiatan ini ialah adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan teknologi konten video pembelajaran bagi guru-guru SMAN Titian Teras Jambi untuk mendukung pembelajaran secara online.

Sumber: