Malam Pergantian Tahun Berpotensi Hujan

Malam Pergantian Tahun Berpotensi Hujan

Pertimbangkan dengan matang jika ingin merayakan malam pergantian tahun di luar rumah. Berdasar prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hujan deras akan tetap mewarnai langit sampai akhir 2019.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono R. Prabowo mengungkapkan bahwa potensi hujan deras disertai angin kencang diprediksi terjadi dalam periode 29 hingga 31 Desember 2019. ”Jadi, tiga hari terakhir di tahun 2019 BMKG melihat ada massa udara basah lapisan rendah yang terkonsentrasi di sebagian besar Sumatera, Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara,” kata Prabowo kemarin (29/12).

Sebagian besar jalur mudik juga terpantau berada pada wilayah dengan potensi hujan. Hari ini (30/12) hujan akan merata mulai Sumatera Barat, Lampung, Jawa Barat, Bali, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, serta Sulawesi bagian tengah dan tenggara. Sedangkan wilayah khusus dengan potensi hujan dan angin kencang terbentang mulai Aceh, Sumatera bagian utara hingga selatan, Bangka Belitung, Jabodetabek, Jateng, Jatim, Jogjakarta, Nusa Tenggara hingga sebagian Kalimantan, Maluku, dan Papua.

Di pengujung tahun atau Selasa (31/12), potensi hujan terbentang mulai Sumatera bagian utara ke selatan, Banten, Bali, Kalimantan bagian tengah dan timur, serta Sulawesi bagian selatan, tengah, dan tenggara. Potensi hujan dan angin kencang diperkirakan berada di wilayah mulai Aceh hingga Sumatera Selatan, Jabar, Jateng, Jatim, Jogjakarta, Bali, NTT dan NTB, Kalimantan Barat, Utara, dan Selatan, serta Maluku dan Papua.

Sumber: