Berbisnis saat Pandemi, Cermati 5 Tips Berikut ini

Berbisnis saat Pandemi, Cermati 5 Tips Berikut ini

JEKTV.CO.ID – Merchant Education Senior Lead Tokopedia, Pipit Indrawati mengatakan, bisnis yang masih sepenuhnya dikelola luring dapat tetap beroperasi di tengah pandemi lewat kanal daring. Pihaknya memberikan beberapa tips untuk membangun bisnis, khususnya di tengah pandemi.

1. Punya Produk

Hal paling mendasar adalah menentukan produk yang akan dijual. Produk bisa berupa hasil karya sendiri atau dimulai dengan menjadi reseller. Penjual bahkan bisa menerapkan sistem pre-order (PO) untuk memastikan terlebih dahulu jumlah permintaan.

2. Manfaatkan Lokapasar

Penjual yang memanfaatkan lokapasar dapat mengakses pasar yang lebih luas. Ekosistem lokapasar juga dinilai lebih cocok dan aman untuk mewadahi transaksi daring.

3. Branding itu Penting

Branding menjadi penting karena mencakup penentuan identitas produk atau toko. Mulai dari penentuan audiens, nama produk atau toko, fokus atau karakter, hingga logo dan tagline. Kesatuan identitas ini akan menjadi pembeda dengan produk atau toko lain. Branding pun diperlukan untuk memperkuat daya saing demi mempertahankan kelangsungan bisnis.

4. Marketing juga Penting

Penjual dapat melakukan pemasaran sesuai dengan target pasar. “Mulai dari pemanfaatan media sosial untuk melakukan promosi hingga berbagai fitur di Tokopedia seperti fitur Dekorasi Toko, Voucher Toko, Rilisan Spesial, Broadcast, TopAds hingga Bebas Ongkir yang dapat membantu meningkatkan penjualan,” jelas Pipit.

5. Berikan Pelayanan Berkesan

Kunci meraih kesuksesan berbisnis di era digital adalah memberikan pelayanan terbaik dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Misalnya dengan memperhatikan kecepatan membalas pesan calon pembeli. Selain cepat, kualitas pesan sebaiknya diperhatikan dan bersifat proaktif.

Sumber: