Jangan Berharap Vaksin

Jangan Berharap Vaksin

JAKARTA - Pemerintah menjamin ketersedian vaksin COVID-19 dengan berbagai upaya yang telah dilakukan. Meski demikian, masyarakat diminta jangan berharap dengan vaksin, karena yang terpenting adalah disiplin melaksanakan protokol kesehatan. 

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memastikan Indonesia mendapatkan akses vaksin COVID-19. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya, yaitu melakukan kerja sama dengan organisasi dunia di bidang kesehatan, aliansi vaksin, dan kesiapsiagaan epidemi.

“Saat ini pemerintah Indonesia sedang mengupayakan akses vaksin COVID-19 melalui berbagai skema termasuk potensi untuk memerolehnya melalui COVID-19 Vaccine Global Access atau Covax Facility, he Access to COVID-19 Tools Accelerator atau ACT yang dipimpin bersama oleh CEPI Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi, Gavi Aliansi Waksin, dan WHO yang telah bekerja sama dengan produsen vaksin negara maju dan negara berkembang,” kata Menkes dalam acara penandatanganan kerja sama bersama Unicef di Kementerian Kesehatan Jakarta, Rabu (16/9).

Terawan menyebutkan, kerja sama tersebut untuk memastikan pemerintah mendapatkan vaksin dari produsen di seluruh dunia  pada seluruh negara. Baik untuk negara penghasilan tinggi maupun negara berpenghasilan rendah.

Dijelaskannya, peran Unicef untuk Covax Facility sangat penting. Sebab upaya tersebut memastikan setiap negara termasuk Indonesia memiliki akses yang aman, cepat, dan merata terhadap vaksin COVID-19, jika vaksin tersebut telah diproduksi secara massal.

“Unicef dan mitranya berkomitmen pada negara yang tergabung dalam Covax Facility termasuk Indonesia untuk mengadakan dan memberikan vaksin COVID-19 yang efektif secara aman dan cepat dalam skala besar,” jelasnya.

Meski ada jaminan ketersediaan vaksin Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo meminta agar masyarakat harus menerapkan pola hidup sehat. Sebab meski vaksin ditemukan, belum ada yang bisa memprediksi COVID-19 akan berakhir dalam waktu dekat.

“Saya katakan tidak akan pernah aman. COVID-19 tidak pernah akan tahu kita akan berakhir. Jadi kita jangan sampai menganggap dengan adanya vaksin, dengan adanya obat, COVID-19 akan berakhir. Belum. Belum akan berakhir,” tegas Doni.

Hanya Allah SWT yang bisa mengetahui kapan pandemi ini akan berakhir. Untk itu, dia mengajak masyarakat untuk terus mematuhi dan disiplin menjalankan protokol kesehatan yakni 3M.

Yakni, memakai masker, menjaga jarak dan juga mencuci tangan.

Doni juga mengajak tokoh publik untuk terlibat dalam kampanye protokol kesehatan. Hal tersebut bisa dilakukan dengan tetap menggunakan masker saat beraktifitas sehingga bisa menjadi contoh bagi masyarakat.

“Kita pakai masker tidak pernah lepas, tetapi ketika bertemu dengan seseorang tidak sadar difoto akhirnya fotonya beredar. Sehingga ini perlu menjadi bagian dari budaya kita untuk selalu mengikuti ketentuan agar saat berfoto dan sebagainya dan sampai dilepas masker,” katanya.

Senada diungkapkan Sekretaris Jenderal Palang Merah Indonesia (PMI) Sudirman Said. Dia meminta masyarakat jangan terlalu berharap dengan kehadiran vaksin. Meski vaksin direncanakan segera diproduksi, masyarakat harus terus berupaya menjaga kesehatan fisik dan mental dalam menghadapi pandemi tersebut.

“Krisis ini akan panjang dan warga akan menghadapi ketidakpastian dalam berbagai aspek kehidupan, baik itu kesehatan, ekonomi, maupun sosial, bahkan mungkin ketidakpastian keamanan dan situasi perpolitikan,” katanya.

Sumber: