Sepeda Rp 500 Juta

Sepeda Rp 500 Juta

Wednesday, 02 Sep 2020

Pagi itu saya dapat WA bertanya soal sepeda. Mungkin dia tahu kalau saya hobi sepeda serius, dan dalam delapan tahun terakhir banyak mengoleksi sepeda aneh-aneh.

Dia mengirimkan foto sebuah sepeda. Lalu dia bertanya: "Ngapunten, mau tanya. Sepeda kayak gini seharga 489 juta. Masuk akal tidak ya?".

Saya buka foto itu. Saya zoom. Saya perhatikan baik-baik. Merek terkenal, legendaris. Inggris juga, tapi bukan Brompton. Termasuk sepeda kecil, tapi bukan sepeda lipat.

Jawaban saya: "Wkwkwkwk..."

Yang bertanya ini benar-benar penasaran. Kita semua tahu sepeda sedang booming. Walau mungkin bersifat sebagai "fad," alias sesaat. Bukan tren yang lebih panjang.

Dia bertanya, apa yang bikin ini begitu mahal. Atau jangan-jangan aslinya tidak semahal itu. Jangan-jangan yang punya hanya sekadar menyombongkan diri dan berbohong. Jangan-jangan, yang punya dibohongi oleh yang jual.

Saya menjawab lagi dengan tidak langsung: "Orang kaya kan belum tentu pintar. Lulusan Amerika juga bukan jaminan pintar."

Sebelum kita menjelaskan, berapa harga sepeda di atas sebenarnya, saya sebenarnya sudah sangat gatal bicara soal ramenya sepeda ini, dan melambungnya harga beberapa jenis sepeda.

Pertama, soal fad ini. Saya sudah membahasnya di Energi DI's Way Podcast, saat Abah saya ikut penasaran soal ramenya sepeda.

Saya juga membahasnya beberapa kali di podcast Main Sepeda saya bersama Johnny Ray di channel YouTube Mainsepeda.

Juga pernah saya bahas saat diminta grup Tribun dalam wawancara online mereka beberapa waktu lalu, bersama beberapa tokoh sepeda lain di Indonesia. Plus, saya juga pernah bahas sepeda di kolom Rabu ini beberapa pekan lalu.

Secara global, tren sepeda memang sudah mendapat momentum naik sebelum pandemi. Beberapa tahun lalu, market research sebuah merek ternama Amerika bilang, tren sepeda sebagai olahraga naik 20 persen, sementara golf turun 20 persen.

Sepeda sebagai transportasi aktif juga terus dipromosikan. Semakin gencar lagi di masa pandemi ini. Di Italia, orang diberi subsidi pemerintah hingga 500 Euro untuk beli sepeda. Di Prancis, orang diberi subsidi pemerintah 50 Euro untuk menservis sepedanya.

Sumber: