Perbandingan Performa Mobil Manual vs Matic
--
JEKTVNEWS-Apa sebenarnya perbedaan mobil matic dan manual? Pertanyaan ini sering kali ditanyakan oleh orang-orang saat berencana membeli sebuah mobil. Oleh sebab itu kami akan memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai perbedaan dua sistem transmisi mobil tersebut.
Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang, saat ini mobil tersedia dengan dua jenis sistem transmisi yaitu matic (otomatis) dan manual. Pada dasarnya, sistem transmisi mobil adalah sistem untuk mengubah kecepatan dan tenaga putar dari mesin yang tertuju pada roda sehingga nantinya dapat menggerakkan kendaraan. Sistem transmisi mobil ini memiliki beberapa fungsi utama yaitu:
• meneruskan tenaga yang dihasilkan mesin dari kopling ke poros propeller
• membuat mobil bisa berjalan mundur
• dapat membuat mobil berhenti meskipun mesin dalam kondisi yang menyala atau dalam posisi netral
• mengatur kecepatan kendaraan dan momen (tenaga) kendaraan sesuai kondisi jalan
Perbedaan Mobil Matic dan Manual yang Perlu Anda Pahami
1 Sistem transmisi yang berbeda
Dari penjelasan yang sebelumnya sudah kami infokan, Anda bisa memahami bahwa mobil matic dan mobil manual memiliki sistem transmisi yang berbeda. Mobil manual menggunakan sistem transmisi manual di mana perpindahan gigi dilakukan dengan cara menginjak kopling dan menggeser tuas persneling.
Sedangkan pada mobil matic, sistem yang digunakan adalah transmisi otomatis yang dapat melakukan perpindahan gigi secara otomatis sesuai tekanan gas pedal dan kecepatan mobil. Dengan begitu posisi gigi bisa bertambah secara otomatis ketika tekanan pada gas pedal meningkat.
2 Cara mengoperasikan mobil yang berbeda
Perbedaan selanjutnya adalah cara pengoperasiannya. Pada mobil manual, Anda perlu mengoperasikan 3 pedal yaitu kopling, rem, dan juga gas. Sementara di mobil matic hanya menyediakan 2 buah pedal yaitu rem dan gas.
Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa pengoperasian mobil matic jauh lebih praktis daripada mobil manual. Saat menggunakan mobil matic, Anda cukup dengan menggeser tuas transmisi tanpa harus menginjak pedal kopling terlebih dahulu.
Sumber:
