Presiden Jokowi Lepas Atlet Indonesia Menuju Olimpiade 2024 di Paris

Presiden Jokowi Lepas Atlet Indonesia Menuju Olimpiade 2024 di Paris

Presiden Jokowi Lepas Atlet Indonesia Menuju Olimpiade 2024 di Paris--X @KEMENPORA_RI

JEKTVNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan melepas para atlet Indonesia yang akan berlaga di Olimpiade Paris 2024 pada hari Rabu, 10 Juli 2024. Hal ini dikonfirmasi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo pada Senin, 8 Juli 2024. "Iya, jadwal pelepasan atlet oleh Bapak Presiden Jokowi sedang diatur untuk hari Rabu," ujar Dito. Dito menjelaskan bahwa para atlet yang akan mengharumkan nama Indonesia ini telah menjalani persiapan maksimal dan hanya tinggal menyelesaikan administrasi sebelum keberangkatan mereka ke Paris, Prancis.

BACA JUGA:Timnas Indonesia U-19 Bersiap untuk Berlaga di Piala AFF U-19 2024 di Surabaya

"Persiapan sudah mencapai 80 persen. Tinggal 20 persen lagi yang meliputi administrasi dan adaptasi lapangan saat tiba di Paris," terang Dito. Dito juga menyoroti peningkatan jumlah atlet Indonesia yang berlaga di Olimpiade tahun ini dibandingkan dengan edisi-edisi sebelumnya. "Alhamdulillah, jumlah atlet kita yang berpartisipasi di Olimpiade tahun ini mencapai 29 orang, yang merupakan jumlah terbanyak dalam 15-20 tahun terakhir. Banyak cabang olahraga baru yang untuk pertama kalinya meloloskan atletnya ke Olimpiade. Kami sangat berharap hasilnya juga bisa mengukir sejarah. Mohon dukungan dari seluruh masyarakat," jelas Dito.

Tahun ini, cabang olahraga yang debut mengirimkan atlet ke Olimpiade adalah panjat tebing dan senam. Dalam penyelenggaraan pertama panjat tebing di Olimpiade, Indonesia mengirimkan empat atlet di nomor speed, yaitu Desak Ayu Made Rita, Rahmad Adi Mulyono, Rajiah Salsabillah, dan Veddriq Leonardo. Sementara itu, Rifda Irfanaluthfi menjadi atlet senam pertama Indonesia yang bisa tampil di Olimpiade, bertanding di nomor senam artistik. Berikut adalah daftar lengkap 29 atlet Indonesia yang lolos ke Olimpiade Paris 2024:

BACA JUGA:Yenny Wahid Targetkan Dua Medali Emas untuk Panjat Tebing di Olimpiade 2024

1. Arif Dwi Pangestu (Panahan)

2. Desak Made Rita Kusuma Dewi (Panjat Tebing)

3. Diananda Choirunisa (Panahan)

4. Rifda Irfanaluthfi (Senam Artistik)

5. Rahmad Adi Mulyono (Panjat Tebing)

6. Fathur Gustafian (Menembak)

7. Rio Waida (Selancar Ombak)

8. Eko Yuli Irawan (Angkat Besi)

9. Rizki Juniansyah (Angkat Besi)

Sumber: