PTPN IV Palmco Dorong UMKM Sumut Agar Naik Kelas

PTPN IV Palmco Dorong UMKM Sumut Agar Naik Kelas

PTPN IV Palmco Dorong UMKM Sumut Agar Naik Kelas -Ist/ Jektvnews -

JAMBI, JEKTVNEWS.COM - PT Perkebunan Nusantara IV PalmCo bersama BUMN memberikan stimulus kepada ratusan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Sumatera Utara Nasional dengan menggelar Bazaar Jelajah Kuliner Nusantara di Medan.

Acara yang digelar selama tiga hari mulai 31 Mei hingga 2 Juni ini berhasil membukukan lebih dari 4.500 transaksi dengan nilai transaksi mencapai hampir setengah miliar Rupiah.

Melalui keterangan tertulisnya, Direktur Hubungan Kelembagaan PTPN IV PalmCo Irwan Perangin-angin di Jakarta (04/06) menyatakan Bazaar yang menghadirkan puluhan menu nusantara dari UMKM setempat itu merupakan komitmen dan kontribusi nyata BUMN dalam mendukung pelaku usaha kecil di bidang kuliner.

”Harapannya kawan-kawan UMKM dapat naik kelas,” sebut Irwan. ”Dengan Jelajah Kuliner Nusantara hasil kolaborasi BUMN didukung Kementerian BUMN, semoga ini bisa menjadi stimulus positif bagi semuanya,” tambahnya. 

BACA JUGA:Satpol PP Amankan Sejumlah Muda Mudi di Kamar Kosan

Acara JKN yang menyungsung tema ’’Petualangan Kulinermu Dimulai Dari Sini” merupakan sinergi beberapa perusahaan BUMN (terdiri dari PTPN Grup, Bank Syariah Indonesia, PT KAI, PT Pos Indonesia, PT Inalum, dan PT Bukit Asam) juga menghadirkan lebih dari 80 jenis sajian beragam khas Nusantara yang autentik.

”Kita percaya dengan rasa khas nusantara ini, maka bisa menjadi pengalaman kuliner yang tidak terlupakan bagi pengunjung. Dan meningkatkan awarness serta minat belanja masyarakat terhadap produk-produk UMKM melalui Pasar Dgital (PaDi) UMKM” kata Irwan.

Tercatat dalam gelaran Bazar JKN tersebut terjadi 4.543 transaksi dimana 4.508 transaksi Pre Order PaDi senilai Rp 414 jutua, dan 16 transaksi PO Retail dan Buyer Grup Rp 5 juta.

JKN Medan sendiri merupakan gelaran kedua setelah sebelumnya acara serupa dilaksanakan di kota Bandung, 24 – 26 Mei 2024 UMKM ini merupakan bagian dari komitmen dan konsistensi BUMN meningkatkan peran penting UMKN yang menjadi tulang punggung dalam perekonomian nasional melalui kontribusi signifikan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan penyerapan tenaga kerja. 

BACA JUGA:Satpol PP Amankan Sejumlah Muda Mudi di Kamar Kosan

JKN sendiri mengikutsertakan UMKM binaan Rumah BUMN dari masing-masing BUMN penyelenggara.

”Rumah BUMN adalah wadah bagi para pelaku UMKM yang dibina oleh perusahaan-perusahaan negara untuk memfasilitasi UMKM agar naik kelas, mulai dari menerima pelatihan, pendampingan, pemenuhan legalitas usaha. 

BACA JUGA:Gubernur Al Haris Resmikan Toko TPID Kerinci

Termasuk acara Bazaar JKN yang mampu mendatangkan konsumen yang kita harapkan merangsang pertumbuhan mereka,” lanjutnya.

Sumber: