Pipa Pertamina Bocor Cemari Lingkungan dan Sumur Warga

Pipa Pertamina Bocor Cemari Lingkungan dan Sumur Warga

Sungai tercemar minyak mentah milik Pertamina -Jektvnews-

KOTA JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Warga keluhkan minyak mentah milik Pertamina cemari lingkungan hingga merusak sumur dan kolam. Pertamina mengklaim, hal itu terjadi karena ada pipa yang bocor akibat pencurian.

Warga dikawasan kilometer 18 Desa Muaro Sebapo, Kecamatan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi, mengeluh lantaran lingkungan sekitar tercemar minyak mentah milik Pertamina.

BACA JUGA:Naim Harapkan Pemkot Jambi Bisa Berkolaborasi Memajukan Kota Jambi Lebih Baik Lagi

Wahyudi, salah seorang warga mengaku, sumur maupun kolam pemancingan tempat usahanya penuh minyak mentah berasal dari pipa penyaluran minyak yang bocor. Kondisi itu membuat air bersih tidak bisa digunakan, kemudian ikan mati mengapung, hingga mengalami kerugian jutaan rupiah per hari. Warga berharap adanya kompensasi dari Pertamina.

Diduga kebocoran pipa itu disebabkan karena aksi pencurian atau ilegal taping. Pasalnya ditempat kejadian ditemukan alat pencurian.

BACA JUGA:Mendengarkan Pendapat Akhir Bupati dan Ranperda APBD Tahun 2023, DPRD Tanjab Barat Gelar Paripurna ke Empat

“Kemarin dari pihak Pertamina katanya ada pencurian, tapi belum sampai terjadi pencurian pipanya sudah bocor dan sampailah ke kolam kita tempat usaha kita. Akibatnya, kolam kita tutup dan usaha kita juga tutup. Kolam pemancing kita tidak bisa lagi dipakai karena sudah tercemar limbah Pertamina,” ujar Wahyudi, Warga Setempat, Rabu (29/5).

Hermansyah, Manager Pertamina E-P Jambi Field mengatakan, penutupan pipa sudah dilakukan sejak diketahuinya kebocoran. Sampai saat ini juga masih terus melakukan pembersihan di area yang terdampak. Menurutnya ada tiga warga yang terdampak parah akibat minyak mentah tersebut.

BACA JUGA:Tenggelam di Sungai Pengabuan, Bocah 14 Tahun Ditemukan Tidak Bernyawa

Selain pembersihan limbah, pihak Pertamina E-P Jambi Field juga memberi bantuan air bersih maupun makanan bagi warga yang terdampak. Kasus pencurian minyak, ilegal taping ini sudah dilaporkan dan sedang diperoses pihak Polsek Mestong.

Sumber: