Libatkan 1.000 Siswa SMP Akan Memainkan Senandung Jolo

Libatkan 1.000 Siswa SMP Akan Memainkan Senandung Jolo

1.000 siswa-siswi dari 32 SMP di Kabupaten Muaro Jambi-Jektvnews-

MUARO JAMBI, JEKTVNEWS.COM - 1.000 siswa-siswi dari 32 SMP di Kabupaten MUARO JAMBI akan ikut dalam pegelaran seni vokal senandung jolo dengan  memainkan alat musik gambang yang terbuat dari bahan kayu mahal, yang nantinya akan tercatat sebagai rekor muri pada tanggal 2 Mei  2024 tepat Hari Pendidikan Nasional.

Inilah ratusan siswa-siswi SMP yang sedang latihan untuk mempersiapkan peggelaran seni vokal senandung jolo dengan menggunakan alat musik gambang, dari 32 SMP yang tersebar masing-masing kecamatan yang saat ini sedang mempersiapkan untuk ikut serta dalam pegelaran seni tradisional senandung jolo sebanyak 1.000 siswa yang nanti akan tercatat di rekor muri. 

BACA JUGA:Ketua Hasyim Asy'ari Ingatkan Bahwa KPU Merupakan Lembaga Layanan

Untuk di ketahui senandung jolo ini merupakan seni sastra lisan yang berasal dari daerah Dusun Tanjung Kecamatan Kumpe Kabupaten Muaro Jambi. Senandung jolo ini berupakan berpantun sambil menggunakan alat tradisional berupa gambang yang berbahan dari kayu mahal.

Disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Muaro Jambi Firdaus mengatakan, saat ini siswa-siswi sedang melakukan latihan mempersiapkan penampilan pegelaran senandung jolo, yang nantinya akan di gelar pada tanggal 2 Mei 2024 tepat di Hari Pendidikan Nasional. 

BACA JUGA:Desa Bukit Jaya Muaro Jambi Menjadi Lokasi Pembukaan 02SN, FLS2N dan PKPKS

Ada 1.000 siswa yang terlibat dari 32 SMP di Muaro Jambi, tentunya berbagai persiapan di lakukan mulai dari alat musik yang berbahan kayu mahal, serta latihan bersama masing-masing kecamatan, dan nantinya tanggal 30 akan mengadakan latihan bersama jalan beberapa hari pelaksanan, tentunya nanti akan di gelar di jalan menuju kantor bupati tepatnya di lapangan.

“Dulu dengan menggunakan alat gambang semuanya berasal dari kayu yang ada di Kabupan Muaro Jambi. Dan juga kami mau mengsosialisasikan kepada masyarakat yang juga merupakan sebagai muatan lokal yang telah ditetapkan melalui peraturan Bupati,” ujar Firdaus Kepala Dinas Pendidikan Muaro Jambi.

BACA JUGA:Sekda Muaro Jambi Hadiri Pergantian Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cabang Jambi

“Telah kita terapkan juga dalam pembelajaran di sekolah mulai tahun ajaran 2024-2025 ini. Serta kami juga ingin melalui pegelaran ini kesadaran masyarakat terlihat,” tambahnya.

Sumber: