Indonesia Rencanakan FOLU Net Sink 2030

Indonesia Rencanakan FOLU Net Sink 2030

Menteri LHK Siti Nurbaya Tanda Tangani MOU-Ist -

JEKTVNEWS.COM - Menteri LHK Republik Indonesia, Siti Nurbaya, menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan the United States Department of Agriculture (USDA) Forest Service Chief, Randy Moore, di Jakarta, Selasa (23/1/24).

MoU ini ditujukan untuk memperkuat kerja sama dalam pertukaran teknis dan penguatan kapasitas untuk mendukung Indonesia dalam implementasi strategi FOLU Net Sink 2030.

"Saya percaya bahwa kerja sama kita melalui kemitraan ini pasti akan semakin kuat karena didasarkan pada bukti-bukti yang terukur, berdasarkan prinsip kedaulatan, saling menghormati, saling percaya, dan saling menguntungkan," ujar Menteri Siti usai penandatanganan MoU.

"MoU ini merupakan sebuah tonggak penting dalam rencana operasional Indonesia's FOLU Net Sink 2030," imbuh Menteri Siti.

Menteri Siti juga menyatakan kerjasama jangka panjang antara kedua belah pihak pasti akan memperkuat upaya-upaya yang sedang berjalan dalam pengelolaan hutan multi-guna, dengan potensi penekanan khusus pada kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan hutan lestari; sistem perencanaan hutan; jasa penyuluhan hutan; penegakan hukum, khususnya untuk mendukung akademi polisi hutan Indonesia; serta kemampuan teknis pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

BACA JUGA:Penyusunan Desain Sistem Keamanan IKN

Pada kesempatan ini, Chief Randy Moore mengatakan kerjasama ini merupakan hasil perbincangan Menteri Siti dengan Chief sebelumnya pada tahun 2018 lalu.

MoU ini memperkuat landasan yang sudah dimiliki kedua belah pihak.

"Dan ini adalah kesempatan bagi kita untuk bekerja sama mengatasi tantangan perubahan iklim secara global. Indonesia adalah bagian yang sangat penting dalam permasalahan ini di seluruh dunia," katanya.

BACA JUGA:Menko PMK Targetkan Indonesia Menjadi Negara Maritim

Menurutnya, di bawah kepemimpinan Menteri Siti, Indonesia mampu berperan sebagai pemimpin global dalam mengatasi permasalahan lingkungan hidup dan kehutanan.

Sumber: