Menko PMK Targetkan Indonesia Menjadi Negara Maritim

Menko PMK Targetkan Indonesia Menjadi Negara Maritim

Menko PMK Muhadjir -Ist -

JEKTVNEWS.COM - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan, untuk menuju negara poros maritim dunia maka langkah terpenting yang harus dilakukan adalah membangun kekuatan perairan internal. 

Muhadjir menerangkan, untuk membangun kekuatan perairan internal harus memperkuat konektivitas antar pulau, mobilisasi penduduk, arus distribusi barang antar pulau yang harus bisa dijangkau sampai ke wilayah terdepan, teluar, tertinggal (3T).  

BACA JUGA:Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif 742/SWY Gagalkan Upaya Pelolosan Barang Ilegal

Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri Rapat Kerja Pimpinan PT ASDP Indonesia Ferry, secara daring, pada Rabu (24/1/24).

Lebih lanjut, Muhadjir menekankan pentingnya peran PT ASDP Indonesia Ferry sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang penyebrangan perairan untuk mewujudkan cita-cita poros maritim dunia.

BACA JUGA:Wow !! Ternyata Dampak Debu Batu Bara dapat Memperbaiki Lingkungan dan Kesehatan Manusia

Menurutnya, tanpa kehadiran ASDP maka konektivitas antar pulau, antar daerah, dan roda perekonomian di Indonesia tidak akan berjalan dengan lancar.

Karenanya, untuk mewujudkan cita-cita tersebut, maka Muhadjir meminta ASDP dengan segala sumber daya yang ada harus dapat semakin mengoptimalkan konektivitas perairan di laut, danau, dan sungai yang ke seluruh pelosok Indonesia.

BACA JUGA:IHSG Ditutup Melemah 0,57% di Akhir Pekan, Investor Perlu Waspada Terhadap Dinamika Pasar

"Saya yakin, ASDP dapat menjadi tulang punggung utama dalam membangun poros maritim dunia itu, harus dimulai dari internal kita sendiri, dan disitulah posisi ASDP sangat strategis dan sangat menentukan bagaimana kita membikin negara kita maju," ucapnya.

Sumber: