5 Tips Menghindari Penipuan Voice Phishing
5 Tips untuk Menghindari Penipuan Voice Phishing-Ist -
JAMBI, JEKTVNEWS.COM - Voice phishing atau vishing adalah jenis penipuan yang dilakukan melalui telepon.
Penipu akan berpura-pura menjadi perwakilan dari lembaga resmi, seperti bank, perusahaan telekomunikasi, atau pemerintah, untuk mendapatkan informasi pribadi atau data sensitif dari korban.
BACA JUGA:Kenaikan Harga Cabai, Pemerintah Kota Jambi akan Intervensi Subsidi Harga
Penipuan voice phishing sering kali menggunakan taktik tekanan waktu atau ancaman untuk membuat korban panik dan memberikan informasi yang diminta.
Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menghindari penipuan ini.
BACA JUGA:Jambi Fashion dan Demo Batik Rumah Kito Resort Hotel
Dilansir dari laman Polda Jambi, berikut adalah beberapa tips untuk menghindari penipuan voice phishing:
- Jangan pernah memberikan informasi pribadi atau data sensitif, seperti nomor rekening bank, nomor kartu kredit, atau kata sandi, melalui telepon.
- Jika Anda menerima panggilan dari seseorang yang mengaku dari lembaga resmi, mintalah nama dan nomor telepon mereka.
BACA JUGA:Bantuan Beras Tahap Ke 4 Bagi Korban Banjir di Sungai Penuh
- Hubungi lembaga resmi tersebut secara langsung untuk memverifikasi panggilan tersebut.
- Jangan terburu-buru untuk memberikan informasi apa pun, bahkan jika Anda merasa tertekan.
BACA JUGA:Bupati Batang Hari Fadhil Arief Tinjau Kesiapan Penyerahan Bantuan Logistik Korban Banjir
- Jika Anda merasa ragu, gantungkan telepon dan hubungi lembaga resmi tersebut secara langsung.
Sumber: