Waspada, 8 Gejala Penyakit Maag Jika Telat Makan

Waspada, 8 Gejala Penyakit Maag Jika Telat Makan

Gejala Penyakit Maag-ist-

JEKTVNEWS.COM - Penyakit maag, atau gastritis, adalah kondisi yang melibatkan peradangan pada dinding lambung. Bagi sebagian orang, telat makan dapat memicu atau memperburuk gejala maag.

Berikut beberapa gejala yang mungkin muncul ketika seseorang dengan penyakit maag telat makan.

1. Nyeri atau Ketidaknyamanan di Perut:

Salah satu gejala paling umum ketika seseorang dengan maag telat makan adalah munculnya nyeri atau ketidaknyamanan di area perut, khususnya di daerah atas perut.

2. Sensasi Terbakar atau Panas di Dada:

BACA JUGA:Tinjauan Pelayanan RSUD Sungai Bahar Muaro Jambi, PJ Bupati Bachyuni Katakan Begini

Beberapa orang mungkin mengalami sensasi terbakar atau panas di dada, yang sering disalahartikan sebagai gejala penyakit asam lambung (GERD). Ini dapat terjadi karena kadar asam lambung meningkat ketika lambung kosong.

3. Mual dan Muntah:

Telat makan bisa menyebabkan peningkatan produksi asam lambung, yang pada gilirannya dapat menyebabkan rasa mual dan dalam kasus yang lebih parah, muntah.

4. Rasa Lapar yang Intens:

Saat lambung kosong, seseorang dengan maag mungkin merasakan rasa lapar yang lebih intens dibandingkan dengan orang yang lambungnya dalam keadaan normal.

BACA JUGA:Tinjauan Pelayanan RSUD Sungai Bahar Muaro Jambi, PJ Bupati Bachyuni Katakan Begini

5. Perut Keroncongan:

Perut keroncongan atau bunyi-bunyian di perut bisa menjadi gejala ketika seseorang dengan maag telat makan. Ini mungkin disebabkan oleh kontraksi otot lambung yang mencoba mencerna apa pun yang masih ada di dalamnya.

Sumber: