Menko Polhukam Mahfud MD : Pemilih Muda, Jangan Golput

Menko Polhukam Mahfud MD : Pemilih Muda, Jangan Golput

Menko Polhukam Mahfud MD : Pemilih Muda, Jangan Golput-Ist -

JEKTVNEWS.COM - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan kembali pentingya keterlibatan pemilih muda dalam menentukan nasib bangsa.

Menurutnya, kesuksesan Pemilu 2024 tidak terlepas dari antusias dan partisipasi seluruh masyarakat Indonesia terutama generasi muda untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS).

"Diharapkan generasi muda dapat menggunakan hak pilihnya  dan tidak golput, karna satu suara akan sangat besar manfaatnya untuk masa depan Bangasa dan Negara", tegas Menko Polhukam Mahfud MD, kamis (7/12).

KPU telah menetapkan daftar pemilih tetap untuk pemilih 2024  sejumlah 204,8 juta pemilih.

BACA JUGA:USMC Marforpac Latihan Serangan Raid pada Latma Keris Marex Tahun 2023

Dari jumlah tersebut, sekitar 106,3 juta atau 52 persen berusia 17-40 tahun. Jika dirinci, presentase pemilih berusia 17-30 tahun mencapai 31,29 persen dan pemilih berusia 31-40 tahun sebanyak 20,7 persen.

Artinya pemilih generasi millenial dan Gen Z mendominasi jumlah pemilih pemilu 2024. 

Menko Polhukam Mahfud MD juga mengajak harus bertindak secara selektif dalam memimilih pemimpin, jangan hanya terbawa arus  atau euforia sesaat.

Pilihlah pemimipin  yang memiliki kapabilitas, mampu membawa aspirasi masyarakat, dan akomodatif dalam memjawab tantangan permasalahan bangsa kedepan

BACA JUGA:109,8 Juta Bidang Tanah di Seluruh Indonesia Telah Selesai Didaftarkan

"Pemimpin adalah cerminan dari masyarakatnya. Pemimpin terpilih dari proses pemilu  adalah cerminan dari pemilihnya. Jika kita  menginginkan pemimpin yang berkualitas  maka kita pun harus menjadi pemilih yang berkualitas"  tegas Menko Polhukam

Deputi Hukum dan HAM Kemenko Polhukam, Sugeng Purnomo mengajak mahasiswa agar  berperan aktif  dalam pemilihan dan tidak golput dalam menentukan perjalanan Indonesia kedepan.

BACA JUGA:Kementerian PUPR Pastikan Kesiapan Jalan Tol dan Jalan Nasional Jelang Nataru 2024

Forum Diskusi Publik ini dihadiri oleh Rektor Universitas Brawijaya, Para Narasumber, dan Para Akademisi serta Pengurus BEM dan Mahasiwa se- Malang Raya.

Sumber: