Kemenag Usulkan Biaya Haji Menjadi 105 Juta

Kemenag Usulkan Biaya Haji Menjadi 105 Juta

Jamaah Haji-Gatra-

JEKTVNEWS.COM - Kementerian Agama (Kemenag) mengusulkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 1445 H/2024 M sebesar Rp105 juta. Sesuai mekanisme pembahasan Biaya Haji, usulan ini disampaikan kepada DPR dalam Rapat Kerja bersama Komisi VIII.

"Pemerintah kemarin menggelar rapat kerja dengan Komisi VIII membahas biaya haji. Siklusnya memang pemerintah mengajukan usulan biaya haji. Kita usulkan BPIH sebesar Rp105 juta per jemaah," ungkap Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Selasa (14/11).

BACA JUGA:Timnas Indonesia U-17 Bidik Status Juara Grup, Simak Kunci Kemenangan di Laga Terakhir Piala Dunia U-17 2023!

"Usulan ini yang akan dijadikan bahan pembahasan oleh Panja untuk nantinya disepakati berapa biaya haji tahun 2024," sambungnya.

Berdasarkan Undang Undang Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah mengatur bahwa BPIH adalah sejumlah dana yang digunakan untuk operasional Penyelenggaraan Ibadah Haji.

BACA JUGA:Pelaku Pencabulan Anak Dibawah Umur Diringkus Polisi

Pasal 44 menyebutkan bahwa BPIH bersumber dari Bipih (Biaya Perjalanan Ibadah Haji yang harus dibayar jemaah), anggaran pendapatan dan belanja negara, Nilai Manfaat, Dana Efisiensi, dan/atau sumber lain yang sah berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Jadi ini masih usulan awal yang akan dibahas di Panja. Dikaji harga-harga di lapangan, baru disepakati dan ditetapkan berapa yang dibayar jemaah haji (Bipih) dan berapa yang diambilkan dari nilai manfaat setoran awal jemaah," katanya.

BACA JUGA:Ganjar Pranowo Dapatkan Nomor Urut 3 Sampaikan Visi Komitmen untuk Demokrasi Jujur dan Adil

Dirinya mengungkapkan, ada yang berbeda dalam skema pengusulan biaya haji 2024 dari tahun sebelumnya.

Pemerintah dalam Raker DPR kemarin hanya mengusulkan besaran BPIH-nya saja.

Pemerintah tidak lagi menghitung komposisi besaran Bipih yang akan dibayar jemaah dan Nilai Manfaat.

BACA JUGA:8 Solusi dalam Stabilitas Ekonomi Pangan

"BPIH yang diusulkan pemerintah ini selanjutnya akan dibahas secara lebih detil setiap komponennya oleh Panja BPIH. Setelah BPIH disepakati, baru akan dihitung komposisi berapa besaran Bipih yang dibayar jemaah dan berapa yang bersumber dari Nilai Manfaat," tutupnya.

Sumber: