Dampak Kekurangan Vitamin B12 Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Dampak Membuat Lidah Bengkak

Dampak Kekurangan Vitamin B12 Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Dampak Membuat Lidah Bengkak

Vitamin B12 Bagi Kesehatan Tubuh-ist-

JEKTVNEWS.COM - Asupan vitamin B12 yang cukup penting untuk menjaga kesehatan.. Ketika seseorang kekurangan vitamin B12, fungsi tubuh  tidak dapat berjalan maksimal

Vitamin B12 berperan penting dalam pembentukan sel darah merah, yang membantu mengangkut oksigen dan mencegah anemia.. Selain itu, baik untuk kesehatan saraf karena mendukung produksi mielin, memastikan transmisi sinyal saraf yang efektif.

BACA JUGA:Sri Mulyani Singgung Dampak El Nino: Harga Beras Naik, Bantuan Sosial Diperpanjang

Seperti dilansir  Times of India, Sabtu (28 Oktober 2023), inilah akibatnya jika tubuh kita kekurangan vitamin B12.. 

1. Lidah bengkak 

Vitamin B12 diperlukan untuk menjaga kesehatan mukosa mulut dan perkembangan sel normal.. Tanpanya, mukosa mulut akan meradang dan lidah membesar sehingga menyebabkan kesulitan  berbicara dan makan.. 

Oleh karena itu, kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan lidah bengkak, merah, dan nyeri, suatu kondisi yang disebut glositis.

2.. Anemia 

Vitamin B12 penting untuk pembentukan sel darah merah yang sehat, yang menjamin transportasi oksigen yang efektif.. Selain itu, vitamin B12 sangat penting untuk mencegah jenis anemia tertentu yang disebut anemia megaloblastik atau anemia pernisiosa.

Jika kadar B12 tidak mencukupi, sel menjadi lebih besar dan kurang berfungsi, menyebabkan penurunan jumlah sel darah merah total.. Hal ini menyebabkan anemia megaloblastik.. Kondisi ini ditandai dengan rasa lelah, lemas, dan kulit pucat.. 

3.. Kesemutan 

BACA JUGA:Kapolri dan Panglima TNI Ajak Bersama Menjaga Pemilu 2024 Damai

Kekurangan vitamin B12 dapat menimbulkan rasa kesemutan pada tangan dan kaki yang disebut neuropati perifer.. Memang benar, vitamin B12 berperan penting dalam menjaga kesehatan sel-sel saraf dan selubung mielin yang menyekatnya.. 

Jika kadar vitamin B12 rendah, saraf tersebut dapat rusak sehingga menimbulkan sensasi yang tidak biasa seperti kesemutan, mati rasa, dan kelemahan pada kaki.. Kondisi ini juga dapat memengaruhi keseimbangan dan membuat berjalan menjadi tidak nyaman.

Sumber: