Higienitas Bahan Pangan Kebutuhan Keluarga

Higienitas Bahan Pangan Kebutuhan Keluarga

Jenis-Jenis Bahan Pangan-rafliirsyaad-

JEKTVNEWS.COMPangan merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi manusia. kebutuhan Pangan yang perlu dipenuhi tidak hanya untuk memuaskan nafsu, akan tetapi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bagi manusia. 

Kebutuhan pangan untuk manusia juga harus memberikan gizi yang baik bagi tubuh. Selain itu, bahan pangan yang dikonsumsi juga harus aman agar tidak berdampak negatif setelah dikonsumsi. bahan pangan yang aman tentu tidak terlepas dari kebersihan yang terjamin ataupun higienis. 

Menurut Depkes RI (2004), Higienis atau Higiene adalah upaya kesehatan dengan cara memelihara dan melindungi kebersihan individu.

BACA JUGA:SMA Muhammadiyah 1 Kota Jambi Fasilitasi Sarana Prasarana dalam Menunjang Gagasan Digitalisasi Siswa

Dalam sudut pandang pangan, higienitas mengacu pada bagaimana pelaku atau orang yang memproses makanan tersebut menjaga kebersihan dirinya, sehingga ia dapat melindungi keutuhan bahan pangan secara menyeluruh. 

Secara sederhana, pengertian higienitas dikaitkan dengan kebersihan pelaku atau orang yang bersangkutan.

Pada lingkup yang sederhana, yaitu lingkup keluarga, higienitas bahan pangan dapat dipraktikan untuk menghasilkan makanan yang aman dikonsumsi oleh keluarga. Pengolahan makanan yang aman dapat dilakukan dengan cara :

1. Menjaga kebersihan bahan pangan  yang diolah dan juga peralatan yang digunakan saat mengolah bahan pangan ataupun mengonsumsinya.

BACA JUGA:LSM Pedas Deklarasikan Pemilu 2024 Aman dan Damai

2. Mencuci tangan sebelum menyajikan makanan dan saat mengolah makanan.

3. Memisahkan bahan pangan yang mentah dan bahan pangan yang sudah matang.

4. Mengunakan bahan-bahan segar dan tidak kedaluwarsa .   

5. Mengolah dengan cara yang benar. 

Melalui beberapa cara tersebut, sebagian besar keamanan bahan pangan yang kita gunakan dapat lebih terjaga keamananya. meskipun tidak dapat dicegah seutuhnya, namun setidaknya kita sudah meminimalisir efek negatifnya sehingga bahan pangan yang kita gunakan lebih terjaga.

Sumber: