Pengaruh Terlalu Banyak Mengkonsumsi Susu pada Bayi, Hal yang Perlu Diketahui Orang Tua

Pengaruh Terlalu Banyak Mengkonsumsi Susu pada Bayi, Hal yang Perlu Diketahui Orang Tua

Pengaruh Terlalu Banyak Mengkonsumsi Susu pada Bayi-mooimom-

JEKTVNEWS.COMSusu merupakan salah satu makanan utama bayi, memberikan nutrisi penting yang diperlukan untuk tumbuh kembang anak. Namun, terlalu banyak minum Susu  dapat berdampak buruk bagi kesehatan anak Anda.

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang dampak terlalu banyak mengonsumsi susu  pada bayi dan bagaimana orang tua dapat mengatur konsumsi susu secara sehat. 

Kebutuhan gizi bayi 

BACA JUGA:Dampak Buruk Krisis Pangan, Kesejahteraan Masyarakat Terancam

Bayi memerlukan gizi yang cukup untuk menunjang tumbuh kembangnya. Air Susu Ibu (ASI) atau susu formula merupakan sumber nutrisi utama  bayi selama 6 bulan pertama kehidupannya. Namun anak yang terlalu banyak minum susu dapat menimbulkan akibat yang  serius, antara lain: 

1.  Bayi obesitas 

Terlalu banyak minum susu  dapat membuat bayi Anda mengalami obesitas. Obesitas pada masa kanak-kanak dapat meningkatkan risiko terjadinya obesitas di kemudian hari dan berbagai masalah kesehatan  terkait  obesitas. 

2. Tidak memberikan nutrisi lain yang cukup 

BACA JUGA:Kabut Asap Semakin Pekat, Madrasah Aliyah Muhammadiyah Kota Jambi Pulangkan Siswa Lebih Awal

Meskipun susu kaya akan nutrisi, susu tidak mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan anak untuk tumbuh kembang secara sehat. Mengonsumsi susu terlalu banyak dapat menggantikan makanan padat yang penting untuk menyediakan nutrisi lain seperti zat besi, serat, dan vitamin lainnya. 

3. Hilangnya nafsu makan terhadap makanan padat 

Anak yang  terlalu banyak minum susu dapat kehilangan nafsu makan terhadap makanan padat karena penting untuk perkembangan motorik mulut dan kemampuan mencerna makanan. 

4. Gangguan kesehatan saluran cerna 

BACA JUGA:Pilpres 2024, Ganjar Pranowo Pasangan dengan Mahfud Md

Sumber: