IHSG Berpeluang Menguat, Namun Tetap Waspada Terhadap Fluktuasi Rupiah

IHSG Berpeluang Menguat, Namun Tetap Waspada Terhadap Fluktuasi Rupiah

Rebound IHSG di Tengah Fluktuasi, Rekomendasi Saham dan Analisis Perdagangan Siang Ini!--

JEKTVNEWS.COM - Pada Senin, 9 Oktober 2022, indeks harga saham gabungan (IHSG) diperkirakan akan mengalami potensi penguatan. CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Surya Wijaya, menilai bahwa pergerakan IHSG dipengaruhi oleh beberapa data yang menunjukkan stabilitas ekonomi Indonesia yang cukup baik. Meskipun sebelumnya IHSG sempat mengalami tekanan, peluang kenaikan masih ada.

BACA JUGA:Simak Cara Menghitung Simulasi Angsuran KUR untuk Usaha

Namun, William juga mengingatkan bahwa sentimen negatif dari fluktuasi nilai tukar rupiah perlu diwaspadai. Prediksi William menyebutkan bahwa pasar saham kemungkinan akan bergerak dalam rentang support 6.789 dan resistance 6.978 pada hari ini. Selain itu, ia juga merekomendasikan beberapa saham yang patut diperhatikan, seperti UNVR, ASII, ITMG, TLKM, SMRA, dan TBIG.

Di sisi lain, Analis Binaartha Sekuritas, Ivan Rosanova, memproyeksikan bahwa IHSG akan melanjutkan tren penurunan sebelumnya menuju level 6.804. Menurutnya, level support IHSG terletak di 6.861, 6.804, dan 6.747, sementara level resistennya berada di 6.940, 7.000, dan 7.058. Ivan juga mengacu pada indikator MACD yang menunjukkan momentum bearish.

BACA JUGA:IHSG Turun 0,74 Persen dalam Sepekan, Transaksi Saham Anjlok ke Rp10,3 Triliun

Pada penutupan perdagangan sebelumnya, IHSG berhasil ditutup di level 6.888 pada Jumat, 6 Oktober 2023, dengan kenaikan sebesar 13,69 poin atau 0,20 persen dari sesi perdagangan sebelumnya. Investor aktif melakukan transaksi sebesar Rp7,83 triliun dengan jumlah saham yang diperdagangkan mencapai 19,30 miliar saham. Dalam penutupan tersebut, 261 saham menguat, 252 saham mengalami koreksi, dan 242 saham lainnya stagnan.

Dengan demikian, IHSG masih memiliki potensi untuk menguat, namun fluktuasi nilai tukar rupiah tetap menjadi faktor yang perlu diperhatikan oleh para pelaku pasar. Para investor diharapkan untuk cermat dalam memantau pergerakan saham-saham yang direkomendasikan oleh para analis untuk mengambil keputusan investasi yang tepat.

BACA JUGA:Rekomendasi Saham Hari Ini, IHSG Cerah di Awal Kuartal IV

Sumber: