10 Bank Swasta Penyalur Program KUR 2023

10 Bank Swasta Penyalur Program KUR 2023

10 Bank Swasta Penyalur KUR 2023--

JEKTVNEWS.COM - Bank swasta nasional memiliki peran sentral dalam mendukung program Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Indonesia. Ini merupakan bank yang sebagian besar sahamnya dimiliki oleh swasta nasional, serta akta pendiriannya juga berasal dari entitas swasta. Keuntungan yang diperoleh dari operasinya pun mengalir kembali ke pemilik swasta nasional. Di tanah air, bank swasta menjadi salah satu pilar utama dalam mendukung program KUR, menempati posisi strategis setelah bank milik negara (BUMN). Sementara kepemilikan bank swasta bisa berupa badan hukum maupun individu.

Dalam hal aktivitas bisnis, bank swasta tak berbeda jauh dengan bank BUMN. Mereka terlibat dalam berbagai kegiatan, seperti menghimpun dana (funding), menyalurkan dana (lending), dan menyediakan beragam layanan atau jasa keuangan. Namun, sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 tahun 1967 tentang Pokok-Pokok Perbankan, bank swasta harus mendapatkan izin dari Menteri Keuangan, berdasarkan pertimbangan dari Bank Indonesia, sebelum dapat memulai aktivitas usahanya.

Berikut beberapa bank swasta terkemuka yang berperan penting dalam mendukung dan menyalurkan program KUR di Indonesia:

 

BACA JUGA:Kenali dan Persiapkan Dengan Baik, 7 Faktor Penyebab Pengajuan KUR Ditolak oleh Bank!

 

1. Bank BCA

Bank BCA, salah satu bank terbesar di Indonesia, memiliki total aset sekitar 1.259,44 triliun. Bank ini telah berdiri sejak tahun 1957 dan menawarkan berbagai produk simpanan seperti Tahapan, Tahapan Xpresi, dan Tabunganku. Selain itu, BCA juga menyediakan produk pinjaman seperti KTA, KPR, dan Kredit Kendaraan.

 

2. KB Bukopin

KB Bukopin, yang sebelumnya dikenal sebagai Bank Umum Koperasi Indonesia dan Bank Bukopin, adalah bank swasta menengah yang fokus pada sektor UKM, mikro, konsumer, dan komersial. Pada Februari 2021, bank ini resmi mengubah namanya menjadi KB Bukopin.

 

3. Maybank Indonesia

Maybank Indonesia juga termasuk dalam jajaran bank swasta yang berperan dalam mendukung KUR dan pertumbuhan ekonomi nasional.

Sumber: