6 Manfaat Berjalan Kaki 1Menit Sampai 30Menit Perhari

 6 Manfaat Berjalan Kaki 1Menit Sampai 30Menit Perhari

manfaat berjalan kaki bagi kesehatan tubuh manusia-ist-

JEKTVNEWS.COM - Berjalan kaki merupakan obat yang paling baik dalam menjaga kesehatan tubuh, dengan berjalan kaki manusia dapat terhindar dari segala macam penyakit di dalam tubuhnya.Dengan berjalan tanpa henti selama 15-30 menit per hari bisa mengubah penampilan dan membuat tubuh tambah sehat.Berikut manfaat berjalan kaki bagi kesehatan tubuh manusia : 

1.Mencegah Osteoporosis

Olahraga jalan kaki dapat mencegah terjadinya osteoporosis sehingga tulang tidak menjadi keropos, rapuh, dan rentan patah.

2.Menambah Volum Paru-Paru

Menambah volume paru, jalan kaki setiap hari adalah dapat meningkatkan jumlah oksigen dalam peredaran darah. Hal ini juga dapat membantu orang bernapas lebih dalam dan lebih baik sehingga terhindar dari penyakit paru-paru

BACA JUGA:Buah yang Aman Pengidap Diabetes

3.Menurunkan Berat Badan

Berjalan kaki secara teratur dapat membantu meningkatkan respons tubuh terhadap insulin dan dapat mengurangi lemak perut, berjalan kaki 30 menit sehari bisa membakar 200 kalori per minggunya.

4.Mencegah Penyakit Diabetes

Dengan membiasakan berjalan kaki  sekitar 6 km per jam, waktu tempuh sekitar 50 menit, ternyata dapat menunda atau mencegah berkembangnya diabetes Tipe 2, khususnya pada mereka yang bertubuh gemuk.Sebagaimana kita tahu bahwa kasus diabetes yang dapat diatasi tanpa perlu minum obat, bisa dilakukan dengan memilih gerak badan rutin berkala. Selama gula darah bisa terkontrol hanya dengan cara bergerak badan (brisk walking), obat tidak diperlukan. Itu berarti bahwa berjalan kaki sama manfaatnya dengan obat antidiabetes. 

BACA JUGA:Manfaat Olahraga Malam dan Resikonya

5.Memperbaiki Pencernaan

Berjalan kaki 30 menit per hari juga bisa mengurangi risiko kanker usus di masa depan, hal ini  juga memperbaiki pencernaan. Saat berjalan kaki badan bergerak dapat melancarkan peristaltik usus, sehingga buang air besar lebih tertib. 

6.Menghilangkan Sakit Punggung

Berjalan kaki bisa jadi "penyelamat" bagi mereka yang mengalami sakit punggung saat melakukan olahraga lebih berat.Berjalan kaki mendorong perbaikan sirkulasi darah di dalam struktur tulang belakang dan memperbaiki postur tubuh dan fleksibilitas yang vital bagi kesehatan tulang belakang.

Sumber: