Metode Berkebun Praktis. Berikut Kelebihan dan Kekurangan Metode Hidroponik

Metode Berkebun Praktis. Berikut Kelebihan dan Kekurangan Metode Hidroponik

Hidropinik-ist-

JEKTVNEWS.COM - Metode hidroponik saat ini menjadi tren metode bertanam sayur tanpa media tanah. Metode ini dianggap mudah dan efisien karena kebutuhan dalam budidaya tanaman lebih sedikit. Metode hidroponik juga tidak memerlukan lahan luas karena tidak menggunakan tanah, melainkan tanaman diletakkan didalam wadah dengan larutan air yang mengandung nutrisi.

Terdapat beberapa teknik dalam metode hidroponik, hal ini disesuaikan dengan dana dan kemampuan dalam mengelolanya. Untuk memenuhi kebutuhan dari nutrisi tanaman yang biasanya didapatkan dari tanah, maka pada metode hidroponik ini digunakan media tanam yang beraneka macam seperti dengan kerikil, pasir, sekam, hingga cocopeat dan rockwool. 

BACA JUGA:Begini Proses Google AdSense Bekerja

Walaupun hidroponik banyak disebut sebagai metode yang efisien dan praktis, namun tentunya masih ada kekurangan dan kelebihan yang harus dipikirkan dengan matang untuk dipertimbangkan sebelum memulainya. Berikut merupakan kelebihan dan kekurangan metode bercocok tanam hidroponik:

Kelebihan metode hidroponik

1. Pertumbuhan tanaman lebih cepat, hal ini dikarenakan tanaman hidroponik menyerap nutrisi lebih baik dengan media air.

2. Metode berkebun yang lebih bersih, hal ini dikarenakan metode hidroponik tidak membutuhkan tanah.

3. Proses perawatan tanaman yang lebih mudah, hal ini dikarenakan tanaman hidroponik telah menggunakan media air yang tidak perlu disiram setiap saat.

4. Metode hidroponik tidak membutuhkan lahan yang luas.

5. Hasil panen cenderung lebih banyak, hal ini dikarenakan metode ini sangat jarang gagal panen.

6. Tanaman hidroponik tidak bergantung dengan cuaca. Oleh karena itu, berkebun dengan metode hidroponik bisa dilakukan saat iklim apapun.

7. Sayur dan buah hasil metode hidroponik lebih steril. Hal ini dikarenakan, tanaman hidroponik bebas dari pestisida atau herbisida berbahaya.

8. Resiko terserang hama akan lebih kecil.

9. Tanaman hidroponik menggunakan pupuk yang lebih murah dan efisien, karena media yang digunakan adalah air.

Sumber: