Pihak Kepolisian Selidiki Penyebab Kebakaran Museum Nasional

Pihak Kepolisian Selidiki Penyebab Kebakaran Museum Nasional

Museum Nasional-ist-

JEKTVNEWS.COM - Mengenai kebakaran yang terjadi di Museum Nasional atau Museum Gajah, beberapa waktu lalu, pihak kepolisian sedang melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin mengatakan pihaknya akan menelusuri unsur pidana dalam peristiwa kebakaran tersebut.

BACA JUGA:58.500 Butir Telur Tetas Ayam di Ekspor ke Myanmar

“Iya (didalami unsur pidana). Pasti, kami pastikan proses hukum akan ditegakkan mana kala ditemukan adanya potensi-potensi, hal-hal yang memang mengarah pada perbuatan pidana,” ujar Komarudin, Minggu (17/9).

Komarudin menyampaikan pihaknya sedang melakukan pendalaman kebakaran tersebut dengan mencari penyebab pasti sumber api kebakaran.

BACA JUGA:PT VADS Indonesia Buka Lowongan Kerja September 2023, Cek Persyaratannya disini

“Saat ini sedang mengevakuasi barang-barang bernilai sejarah yang masih bisa kita selamatkan. Termasuk juga dari tim Puslabfor yang sedang mengamati titik api mulanya dari mana,” katanya.

“Kita belum sampai pada dugaan. Tim masih bekerja untuk mencari, dugaan titik pertama penyebabnya nanti apakah korsleting, atau apa, ini masih sangat-sangat bias,” jelasnya.

Sebelumnya, Polisi menyebut ada sejumlah kendala dalam dalam proses penyelidikan kasus kebakaran Museum Nasional. Salah satunya membedakan antara puing kebakaran dan benda bersejarah yang kemungkinan terbakar.

BACA JUGA:Panduan Langkah-demi-Langkah untuk Mendaftarkan Google AdSense

“Kita sangat sulit membedakan mana-mana barang puing-puing reruntuhan, atau pun benda bersejarah, kita nggak paham,” ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin, Minggu (17/9).

Lebih lanjut Komarudin mengatakan, kepolisian juga telah melibatkan laboratorium forensik (labfor) untuk mendalami kasus ini. Selain itu, pihak Museum Nasional juga dikerahkan untuk pendataan barang bersejarah yang terbakar.

“Hingga saat ini tim gabungan masih bekerja dari Puslabfor, penyidik Polda dan Polres, dan ahli artefak ataupun sejarah,” ucapnya.

BACA JUGA:PT VADS Indonesia Buka Lowongan Kerja September 2023, Cek Persyaratannya disini

Sumber: