IHSG Berpotensi Menguat Menuju Level 6.950 Berkat Sinyal Kenaikan Suku Bunga

IHSG Berpotensi Menguat Menuju Level 6.950 Berkat Sinyal Kenaikan Suku Bunga

Dinamika Pasar Saham Indonesia, IHSG Diwarnai Sentimen Asing-Bareksa-

JEKTVNEWS.COM - Pasar saham Indonesia berpotensi mengalami kenaikan pada perdagangan hari ini, Selasa, 29 Agustus 2023. Sentimen positif datang dari sinyal kenaikan suku bunga oleh The Fed yang disampaikan oleh Jerome Powell dalam simposium Jackson Hole pekan lalu.

Perusahaan sekuritas, Phintraco Sekuritas, memproyeksikan bahwa Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpeluang menuju level 6.950. Pada perdagangan Senin, IHSG telah menguji resistensi di kisaran 6.930—6.950 dengan peningkatan volume transaksi.

Phintraco Sekuritas mencatat bahwa sentimen perdagangan hari ini kemungkinan masih dipengaruhi oleh sinyal kenaikan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin yang diharapkan terjadi pada pertemuan FOMC September 2023. Meskipun kenaikan suku bunga tersebut tergolong hawkish, pasar meresponsnya secara positif karena memberikan kejelasan mengenai arah kebijakan moneter The Fed.

BACA JUGA:5 Manfaat Daun Kemangi untuk Mencegah Kanker dan Cara Mengolahnya

Kenaikan ini diyakini sebagai langkah terakhir dari serangkaian kenaikan suku bunga acuan sejak pertengahan 2022. Dari dalam negeri, kepercayaan pelaku pasar masih kuat setelah Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan di level 5,75 persen. Keputusan ini mencerminkan optimisme BI terhadap stabilitas kondisi ekonomi domestik.

Phintraco Sekuritas merekomendasikan beberapa saham unggulan untuk diperdagangkan hari ini, termasuk BBNI, ADRO, EXCL, serta potensi rebound pada TLKM, PGAS, BSDE, dan SMRA. Tidak hanya di dalam negeri, bursa saham di Asia dan Amerika Serikat juga menguat.

Pemulihan industri di China serta pernyataan Jerome Powell di Simposium Jackson Hole yang menegaskan rencana kenaikan suku bunga The Fed dengan hati-hati, telah memberikan dorongan positif pada pasar saham global.

BACA JUGA:Plafon 500 Juta Angsuran Jangka Panjang, Simak Persyaratan KUR BCA 2023!

Pada perdagangan kemarin, IHSG ditutup menguat sebesar 0,38 persen atau 26,28 poin, mencapai level 6.921,72. Dari total saham yang diperdagangkan, 280 saham menguat, 258 saham melemah, dan 214 saham bergerak stabil. Kapitalisasi pasar mencapai angka Rp10.241,84 triliun. Dengan sejumlah sentimen positif baik dari dalam negeri maupun global, IHSG berpotensi mengalami penguatan pada perdagangan hari ini.

Sumber: