Memperingati Hari Televisi Nasional 24 Agustus, Berikut Sejarah Perkembangannya

Memperingati Hari Televisi Nasional 24 Agustus, Berikut Sejarah Perkembangannya

Ilustrasi nonto tv-Pexels-

JEKTVNEWS.COM Hari Televisi Nasional diperingati setiap tanggal 24 Agustus di Indonesia. Hari ini menjadi momen penting untuk mengenang sejarah dan perkembangan televisi di Indonesia.

Televisi pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 1962 dengan nama TVRI (Televisi Republik Indonesia).

BACA JUGA:Perhatikan Langkah Berikut, Agar Pengajuan KUR BRI 2023 dijamin Cair

Sejak saat itu, televisi menjadi media yang sangat populer di Indonesia dan menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat.

Sejarah perkembangan televisi di Indonesia dimulai pada tahun 1961 ketika pemerintah Indonesia memutuskan untuk membangun stasiun televisi nasional.

Pada tanggal 24 Agustus 1962, TVRI resmi diluncurkan dan menjadi stasiun televisi pertama di Indonesia.

TVRI awalnya hanya menyiarkan acara selama beberapa jam setiap hari, namun seiring berjalannya waktu, jam siaran TVRI semakin lama dan program-program televisi semakin beragam

Siaran pertama kala itu hanya berlangsung pada pukul 07.30 WIB sampai 11.02 WIB. TVRI baru melakukan siaran secara resmi pada tanggal 24 Agustus 1962.

Pada tahun 1989, pemerintah Indonesia membuka pasar televisi swasta dan memperbolehkan stasiun televisi swasta untuk beroperasi di Indonesia.

Hal ini membuka peluang bagi masyarakat Indonesia untuk menikmati program-program televisi yang lebih beragam dan inovatif.

BACA JUGA:Tiga Pembalap AHM Siap Hadapi Persaingan Balap ATC 2023

Beberapa stasiun televisi swasta yang terkenal di Indonesia antara lain RCTI, SCTV, Trans TV, dan Trans7.

Perkembangan teknologi juga mempengaruhi perkembangan televisi di Indonesia. Pada tahun 2000-an, televisi digital mulai diperkenalkan di Indonesia.

Televisi digital menawarkan kualitas gambar dan suara yang lebih baik dibandingkan televisi analog.

Sumber: