5 Khasiat Kencur, No 4 Turunkan Tekanan Darah

5 Khasiat Kencur, No 4 Turunkan Tekanan Darah

Kencur-Halodoc-

JEKTVNEWS.COM - Kencur atau bumbu rempah yang digunakan untuk memperkaya cita rasa berbagai masakan seperti urap, bumbu pecel, dan tentu saja seblak.

Selain sebagai bumbu masakan, kencur yang tumbuh subur di berbagai wilayah Indonesia dan banyak dibudidayakan masyarakat juga biasa digunakan sebagai ramuan obat tradisional.

Dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (5/8), berikut manfaat kencur bagi kesehatan tubuh:

1. Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kencur mengandung senyawa-senyawa bioaktif yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu melawan infeksi, dan melindungi tubuh dari penyakit.

BACA JUGA:Mengatasi Rasa Malas Kerja Karyawan Akibat Belum Gajian: Mengedepankan Motivasi dan Produktivitas

2. Baik untuk Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kencur dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dengan mengurangi kadar kolesterol, tekanan darah, dan mencegah penggumpalan darah.

3. Jaga Kesehatan Otak

Kencur mengandung senyawa yang dapat memberikan perlindungan bagi kesehatan otak. Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan potensi kencur dalam melindungi otak dari kerusakan dan penyakit degeneratif.

4. Turunkan Tekanan Darah

Kencur telah lama digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi atau hipertensi. Berbagai studi pun mendukung temuan ini karena kencur mengandung kalium, antioksidan, dan senyawa yang bersifat diuretik.

BACA JUGA:Kesehatan Lingkungan: Dampak Negatif dan Langkah Pencegahannya

5. Mencegah kanker

Sumber: