Mulai 2024, Kurikulum Merdeka Akan Diterapkan Secara Nasional

Mulai 2024, Kurikulum Merdeka Akan Diterapkan Secara Nasional

Kurikulum Merdeka-ist-

JEKTVNEWS.COMKurikulum Merdeka, sebuah inovasi pendidikan yang memberikan kebebasan dan ruang seluas-luasnya bagi peserta didik, akan segera diterapkan secara nasional mulai tahun ajaran 2024. Saat ini, kurikulum tersebut masih diberlakukan secara pilihan di sejumlah sekolah.

Plt Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran BSKAP, Kemendikbudristek, Zulfikri, menjelaskan bahwa tahun ini Kurikulum Merdeka masih bersifat pilihan, di mana sekolah dapat memilih untuk mengikuti kurikulum tersebut atau tidak.

Proses penerapan kurikulum ini melibatkan umpan balik dan masukan dari masyarakat selama dua tahun terbatas. Kurikulum ini sendiri didesain agar bisa diterapkan dalam situasi minimal apapun, sehingga memberikan fleksibilitas bagi para pendidik dan peserta didik.vKurikulum Merdeka menekankan pengembangan akhlak yang baik di setiap mata pelajaran, memberikan ruang bagi peserta didik untuk tumbuh dan berkembang secara holistik.

Selain itu, materi pelajaran dalam kurikulum ini dikurangi, sehingga lebih banyak waktu pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa.

BACA JUGA:Hasil Drawing Australia Open 2023

Dengan adanya Kurikulum ini turut menyoroti upaya untuk menyederhanakan kegiatan administrasi agar guru dapat lebih fokus memberikan perhatian kepada murid. Dengan dilakukannya hal tersebut, diharapkan guru dapat lebih terarah dan fokus pada proses dan kegiatan belajar mengajar yang efektif. 

Kurikulum Merdeka merupakan langkah maju dalam menghadirkan pendidikan yang adaptif, memperhatikan kebutuhan individual peserta didik, serta mempersiapkan mereka untuk menghadapi perubahan zaman dengan kreativitas dan kemandirian.

BACA JUGA:Alasan Kenapa Makan Lontong Menjadi Menu Andalan di Pagi Hari

Dengan dukungan yang kuat dari para pemangku kepentingan, pelaksanaan Kurikulum Merdeka di seluruh negeri diharapkan dapat menciptakan masa depan pendidikan yang lebih cerah dan berdaya saing.

Sumber: